Tips Membaca Cepat & Efektif Memahami Isi Buku | TopKarir.com

Tips Membaca Cepat & Efektif Memahami Isi Buku

11-06-2019 14:58:31

Membaca buku adalah kegiatan yang sangat bermanfaat. Kita bisa melakukannya untuk refreshing, mencari inspirasi, serta menambah wawasan dan kosakata. Membaca dan memahami isi buku dapat dilakukan dalam waktu yang singkat, satu atau dua hari saja, tentu tergantung pada berapa banyak halaman yang harus dibaca. Nah berikut tips membaca cepat dan bisa memahami isi bacaan tersebut, simak yaa!

  • Pasang target

Tantang dirimu untuk menyelesaikan beberapa halaman dari buku dalam kurun waktu tertentu, harian, mingguan, dan seterusnya. Pasang target yang jelas karena itu akan mendorong dirimu untuk bertanggung jawab atas tujuan yang hendak kamu raih.

 

  • Jarak pandang membaca

Membaca dengan jarak antara mata dan buku yang dekat memang terlihat lebih fokus, tapi sebenarnya justru kebalikannya. Membaca dalam jarak terlalu dekat justru akan membuatmu pusing dan sulit memahami karena hanya melihat bacaan secara kata per kata. Maka dari itu, bacalah buku dalam jarak ideal, yaitu sekitar 30 cm. Dalam jarak ini, pandanganmu akan lebih luas sehingga bisa mencakup 1 kalimat secara langsung. Otakmu pun akan lebih rileks dalam menerima informasi karena nggak merasa pusing. Jadi, lebih fokus, ‘kan?

 

  • Preview buku

Melakukan pratinjau buku seperti halnya menonton trailer sebuah film. Pratinjau akan memberikan gambaran awal tentang isi buku dan memudahkanmu untuk memahami isi buku tersebut. Saat melakukan pratinjau, perhatikan dengan seksama judul, subjudul, dan apapun yang tertulis dengan huruf tebal atau besar.




  • Lebih sering membaca

Biasakanlah dirimu untuk membaca apapun setiap harinya; bisa novel, majalah, koran, atau artikel-artikel di internet. Biasakanlah dirimu untuk membaca apapun setiap harinya; bisa novel, majalah, koran, atau artikel-artikel di internet. Lakukan ini dengan rutin supayta kamu bisa dapat memahaminya ya.

 

  • Tulis ringkasan

Tugasmu tidak berhenti ketika kamu membaca kata terakhir dari buku. Selesai membaca keseluruhan teks atau buku, tulislah beberapa poin penting yang kamu ingat. Ini merupakan salah satu tahap penting yang harus kamu lakukan untuk mempertahankan pemahamanmu tentang isi buku tersebut.

 

Langkah di atas mungkin akan terasa sulit di awal, tetapi semua akan terasa semakin mudah kalau kamu sudah terbiasa. Yuk temukan tips seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir.


peluang karir yang sesuai

Beragam kesempatan kerja, pelatihan dan tips berkarir yang sesuai untuk kamu

perusahaan berkualitas

Perusahaan yang membuka lowongan telah terseleksi oleh Jejakmu untuk kenyamanan dan keamanan kamu

info status aplikasi

Jejakmu menyediakan informasi berkala tentang status lamaran / aplikasimu dan dapat diakses melalui akun profilmu

Belum menjadi Member?


tutup
Registrasi berhasil

tutup