Pencari Karir Pencari Kandidat

8 Teknik Brainstorming yang Cocok Digunakan Saat Bekerja

27 September 2022 12:09 1221 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

 

Dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan biasanya kita akan sering diskusi dan melakukan brainstorming bersama tim, Hal ini dilakukan karena dengan melakukan brainstorming kita bisa mencari Bagaimana cara menyelesaikan sebuah masalah sehingga hasil dalam menyelesaikan permasalahan tersebut bisa disetujui oleh semua pihak yang terlibat di dalamnya.

 

Untuk tujuannya sendiri pelaksanaan brainstorming biasanya untuk mengumpulkan berbagai pendapat, informasi serta pengalaman yang kemudian dijadikan sebuah peta informasi atau peta gagasan. Selain itu brainstorming juga dilakukan supaya seseorang berani untuk mengeluarkan ide dan juga gagasan yang dimiliki masing-masing.

 

Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu brainstorming dan teknik brainstorming apa saja yang di cocok digunakan saat bekerja kamu bisa mencoba beberapa teknik yang akan kamu bahas berikut ini.

 

Pengertian Brainstorming

Brainstorming artinya adalah kegiatan berkelompok yang mana para pesertanya saling memberikan berbagai ide mengenai sebuah topik atau permasalahan, untuk pelaksanaan dari brainstorming ini membantu peserta dalam mengekspresikan berbagai ide yang dimiliki lalu kemudian dicatat agar nantinya bisa digunakan dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan atau permasalahan.

 

8 Teknik Brainstorming yang Cocok Digunakan Saat Bekerja

Dalam melaksanakan brainstorming ada beberapa teknik yang bisa kamu gunakan dan bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Tim ketika akan melakukan brainstorming, untuk beberapa tekniknya yaitu:

Brainwriting

Teknik brainstorming yang pertama adalah brainwriting, Teknik ini dilakukan oleh setiap anggota tim dengan cara menuliskan ide-ide mereka secara anonim, Teknik ini mendorong setiap bagian dari tim untuk bisa mengungkapkan gagasan mereka. 

 

Dengan melakukan brainwriting bisa mencegah ada ide yang dominan dari seseorang dan bisa memberikan kesempatan bagi rekan kerja yang introvert untuk bisa tetap berkontribusi dalam memberikan ide-ide atau masukan. Setiap ide yang ditulis nantinya akan dikumpulkan dan dipilih secara acak untuk bisa didiskusikan bersama.

 

Figuring storming

Teknik brainstorming berikutnya adalah figuring storming, Jika kamu pernah mempertimbangkan bagaimana orang lain bisa menangani situasi ataupun apa yang mungkin mereka katakan tentang sebuah topik tertentu maka teknik brainstorming yang satu ini akan mewajibkan kamu untuk melihat dari perspektif dan sudut pandang yang berbeda dalam menyelesaikan permasalahan.

 

Figuring storming akan bekerja paling baik untuk tim yang menemukan ide yang sama dalam menyelesaikan Project yang diselesaikan secara berulang.

 

Rapid ideation

Dalam menyelesaikan pekerjaan jika ada batasan waktu seringkali hasil yang akan diterima di akhir bisa saja menjadi lebih baik, dengan menggunakan teknik brainstorming rapid ideation Teknik ini akan menerapkan batasan waktu pada anggota tim dalam memberikan ide dan juga solusi sebanyak mungkin.

 

Setelah itu maka ide dan solusi yang sudah diberikan oleh anggota tim akan didiskusikan bersama, Teknik brainstorming ini menjadi salah satu cara yang bagus untuk memicu kreativitas dari anggota tim dalam menyelesaikan pekerjaan.

 

Starbursting

Teknik brainstorming berikutnya adalah starbursting, Teknik brainstorming ini akan membantu kelompok untuk bisa mengeksplorasi ide serta mengajukan pertanyaan yang spesifik mengenai topik yang akan di brainstorming.

 

Dalam memulainya kamu dan anggota tim bisa menggambarkan bintang dengan 6 titik dan pada bagian tengah tuliskan ide utamanya, lalu kamu bisa beri label pada setiap titik bintang dengan sebuah pertanyaan yang mengandung 5W + 1H.

 

Berikutnya kamu dan tim bisa mengembangkan serangkaian pertanyaan tersebut pada setiap poinnya, Teknik ini cukup populer karena sifatnya yang eksploratif bisa saja satu pertanyaan bisa memicu pertanyaan lain sehingga akan memunculkan ide-ide baru yang bisa dikembangkan dan menjadi sebuah solusi dalam menyelesaikan pekerjaan.

 

Mind mapping

Teknik brainstorming berikutnya adalah mind mapping, Teknik ini menjadi salah satu teknik brainstorming yang memang cukup populer dan sering digunakan, teknik ini merupakan sebuah metode badan suami visual non linear yang bisa membantu kamu dalam mengasah sebuah pertanyaan atau topik serta menghubungkan antara ide-ide yang berbeda menjadi satu kesatuan.

 

Kamu bisa memulainya dengan menulis topik di tengah kemudian kembangkan topik tersebut dengan menulis ide dari setiap orang sebagai cabang dari topik yang ada di tengah, Teknik ini bisa memudahkan kamu dan tim dalam menangkap ide dari semua orang, serta membangun ide tersebut dan memvisualisasikannya agar bisa saling terhubung.

 

Round robin

Berikutnya adalah teknik round Robin, Teknik brainstorming ini dimulai dengan tim membentuk sebuah lingkaran terlebih dahulu, kemudian pemimpin dari tim ataupun fasilitator akan mengajukan sebuah pertanyaan ataupun meminta semua orang dalam lingkaran tersebut untuk bisa berkontribusi satu persatu dalam memberikan ide atau pertanyaan.

 

Kemudian fasilitator bisa mencatat semua ide yang diberikan sehingga nantinya bisa didiskusikan setelah sesi tersebut selesai, Teknik brainstorming ini memungkinkan setiap orang untuk ikut serta dan berkontribusi namun kamu harus memperlakukan setiap ide yang dikumpulkan dengan bobot yang sama agar tidak ada yang merasa diabaikan.

 

Analisis SWOT

Berikutnya kamu juga bisa menggunakan analisis SWOT dalam melakukan brainstorming, seperti yang kita ketahui bahwa Teknik ini juga merupakan sebuah teknik perencanaan strategi yang bisa kamu gunakan untuk mengevaluasi sebuah produk, proyek, bahkan orang lain.

 

Adapun untuk singkatan dari SWOT sendiri adalah :

 

  • Strengths : Bagaimana produk, proyek, atau bisnis mendominasi dan menonjol dari para pesaingnya?
  • Weaknesses : Apa kekurangan yang dapat merugikan atau membahayakan produk, proyek, atau bisnis?
  • Opportunities : Peluang apa yang dapat dimanfaatkan bisnis?
  • Threats : Apa kemungkinan penyebab yang mungkin mengintai produk, proyek, atau bisnis?

Design Thinking

Jika kamu bekerja menjadi seorang UI UX design tentunya sudah tidak asing dengan design thinking,  sebelum memulai melakukan desain biasanya pencarian ide dapat dilakukan dengan brainstorming yaitu dengan cara melakukan desain thinking terlebih dahulu, dalam proses design thinking ini akan ada beberapa proses yaitu:

 

  • Proses Define
  • Proses Ideate
  • User flow
  • Crazy8
  • Wireframe
  • UI Design
  • Prototype

 

Design thinking ini merupakan salah satu proses berulang di mana kamu berusaha memahami penggunaan serta harus bisa mendefinisikan ulang masalah dalam usaha untuk mengidentifikasi strategi alternatif dan juga solusi yang sebelumnya bisa tidak tampak dalam pemahaman awal pembuatan sebuah produk ataupun desain.

 

Itulah tadi pembahasan mengenai 8 teknik brainstorming yang cocok digunakan saat bekerja, seperti yang telah disebutkan pada poin-poin di atas dalam melakukan brainstorming kamu bisa memilih teknik terbaik untuk bisa menyelesaikan masalah dan tujuan kamu di dalam pekerjaan.

 

Dan juga selain brainstorming yang sudah disebutkan di atas tentunya masih ada banyak cara dan juga teknik diskusi serta kolaborasi lain yang bisa kamu gunakan, namun beberapa teknik di atas juga sudah cukup dalam menyelesaikan sebuah permasalahan pada pekerjaan.

 

Bagi kamu yang saat ini belum memiliki pekerjaan kamu bisa mencari lowongan pekerjaan pada TopKarir, dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar Dunia karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar