Pencari Karir Pencari Kandidat

Dari Magang Jadi Karyawan? Pasti Bisa! Kenali Strateginya

24 Maret 2021 20:03 4121 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Program magang biasanya ditujukan untuk para fresh graduate yang ingin membekali diri dengan mengasah kompetensinya di ranah profesional atau mahasiswa yang wajib menjalankan magang sebagai bagian dari proses akademis.

 

Banyak anak magang yang setelah selesai masa kerjanya berharap bisa diteruskan menjadi karyawan karena merasa sudah nyaman dengan perusahaan.

 

Tapi ada juga yang malah pining buru-buru selesai magang karena merasa nggak cocok dengan perusahaan. Ya namanya juga pilihan, semua berhak menemukan yang terbaik buat dirinya, ya kan?

 

Tapi kalau kamu anak magang yang berharap bisa lanjut jadi karyawan tetap, TopKarir punya strateginya nih, yuk disimak!

 

1. Tunjukan antusiasme dalam bekerja dan belajar

Selama program magang, kamu harus tunjukin seberapa besar semangatmu dalam menyerap pelajaran. Kerahkan kemampuanmu secara maksimal, jika dirasa ada hal yang tidak kamu pahami jangan ragu untuk bertanya, hal ini juga dinilai sebagai bentuk semangat dalam belajar.

 

Jangan takut untuk mencoba dan salah ya, karena sejatinya magang adalah sarana untuk belajar dan berkembang. Selalu membuka diri akan masukan dan saran, perbaiki apa yang menjadi kekurangan kamu.

 

Baca juga Kenalan Yuk sama Profesi Account Manager, Cocok Buat Kamu yang Aktif dan Supel

 

2. Kenali budaya perusahaan dan ikuti peraturan yang ada

Kenali juga perusahaan tempat kamu magang, sebelum program magang dimulai, kamu harus tahu informasi seputar perusahaan. Bisnis apa yang dijalankan, siapa target pasarnya, apa visi dan misi dari perusahaan.

 

Atau kamu juga bisa tanyakan bagaimana budaya perusahaan saat sesi wawancara magang. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja yang ada.

 

Jangan lupa patuhi semua peraturan yang berlaku di kantor ya, jangan sesekali datang terlambat atau jika ada keperluan mendesak izin terlebih dahulu. Gaya berpakaian dan beberapa peraturan khusus harus kamu pahami dan taati. Intinya jangan bandel!

 

3. Aktif berkomunikasi dan jalin hubungan yang baik

Keterampilan berkomunikasi akan sangat dibutuhkan saat masuk ke dunia kerja, termasuk magang. Pahami cara berkomunikasi dengan sesama anak magang, karyawan biasa atau atasan, tentu penyampaiannya akan berbeda kan?

 

Aktif bertanya jika dirasa ada hal yang belum jelas, dibanding diam dan melakukan kesalahan nantinya. Senior / rekan kerja lain pasti mau bantu kok, karena mereka paham kamu masih dalam proses belajar.

 

Jangan malu berinteraksi dengan karyawan lain bahkan atasan atau bos mu sendiri, bangun impresi dan hubungan yang baik dengan mereka. Dengan begitu kamu akan dinilai punya kemampuan sosial yang baik.

 

4. Maksimalkan diri dengan bersikap profesional

Meski kamu baru anak magang, bersikaplah layaknya karyawan tetap. Berikan hasil yang maksimal dan tunjukan proses kerja yang baik.

 

Jangan mudah down ya kalau dikritik, karena itu akan melatih mental kamu sebelum nanti bekerja secara profesional.

 

Tiru dan aplikasikan cara kerja senior-senior kamu di kantor, bagaimana attitude dan proses kerja mereka.

 

Baca juga Keahlian yang Wajib Dimiliki Seorang Staff Administrasi

 

5. Menjaga attitude baik

Yang nggak kalah penting dari semuanya adalah attitude atau sikap. Skill tanpa attitude dinilai bukan apa-apa, karena dunia kerja membutuhkan orang-orang yang punya keduanya.

 

Bersikaplah ramah dan sopan pada semua karyawan, selalu merespon dengan positif. Hindari pemikiran kamu paham segalanya hal ini bisa memunculkan sikap tertutup dan arogan, karena kamu datang untuk belajar bukan?

 

Itu tadi 5 strategi agar magangmu bisa berlanjut jadi karyawan tetap. Temukan informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store.

 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
5 Bisnis Online Minim Modal Untuk Fresh Graduate

5 Bisnis Online Minim Modal Untuk Fresh Graduate

Saat ini, bisnis online sedang jadi tren di kalangan milenial maupun Gen Z. Dengan modal yang engga banyak, kamu udah bisa mendapatkan pendapatan untuk kebutuhan sehari-hari. Jenis bisnis ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi para fresh graduate. Berikut lima bisnis online yang bisa dicoba oleh fresh graduate.   Berjualan di Marketplace Kamu engga perlu modal besar untuk menyewa tempat. Cukup dengan laptop, PC, atau handphone, kamu sudah bisa memasang gambar produk yang ingin kamu jual lengkap dengan harga dan deskripsinya di situs marketplace.   Dropshipper Dropshipper bisa jadi solusi ketika kamu ingin mendapatkan penghasilan tapi engga punya barang yang bakal dijual. Kamu bisa menjalankan bisnis ini dengan menggunakan media sosial sebagai wadah promosi.   Jasa Web Development Kalau kamu punya pengalaman membuat website, kamu bisa coba membuka jasa web development. Kamu bisa mempromosikan jasa lewat situs freelance. Jika sudah mendapatkan klien, selesaikan proyek sebaik mungkin.   Membuka Jasa SEO Search Engine Optimization atau SEO sangat dibutuhkan di era serba digital ini. SEO digunakan untuk mendatangkan pengunjung ke website. Tawarkanlah jasa SEO yang menawarkan riset kata kunci kompetitor, strategi content marketing, audit website hingga Google Analytics.   Menjadi Blogger Buat kamu yang hobi menulis dan informasinya banyak dicari oleh pembaca, tentu kamu dapat mendapatkan keuntungan dari iklan. Caranya, pasang kode iklan di blog dan kamu akan mendapat komisi. Pastikan tampilan blog menarik dan isi kontennya berkualitas, ya!    itu dia tipsnya. Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya!
4 Keahlian Wajib untuk Fresh Graduate yang Ingin Bekerja di Hotel

4 Keahlian Wajib untuk Fresh Graduate yang Ingin Bekerja di Hotel

Sebagai salah satu bidang kerja di industri hospitality, staf hotel menjadi salah satu pekerjaan yang diminati para fresh graduate. Atmosfer bekerja di industri ini terbilang sangat menyenangkan, cenderung fleksibel dan gak bikin jenuh, siapa yang nggak betah bekerja di sebuah hotel yang megah? Apalagi buat kamu yang senang bertatap muka dengan banyak orang. Sebelum memutuskan untuk melamar sebagai staf hotel, simak yuk 4 keahlian yang wajib kamu punya biar sukses di bidang ini.   Kemampuan dasar komputer Keterampilan menggunakan komputer sangat dibutuhkan ketika memasuki dunia kerja, termasuk bekerja di hotel. Hampir di semua posisi kemampuan dasar komputer diperlukan mengingat semua pekerjaan akan terintegrasi ke dalam sistem komputer.   Kemampuan komunikasi Bekal kemampuan yang juga penting kamu punya kalau mau bekerja di hotel adalah keterampilan komunikasi. Untuk mengasah skill ini kamu harus sering-sering berinteraksi dengan orang dari beragam latar belakang dan karakter. Dengan begitu kamu bisa menyesuaikan diri saat berkomunikasi dan menyampaikan pesan dengan baik. Skill ini juga diperlukan dalam sebuah ekosistem kerja tim atau ketika melayani tamu hotel.   Menguasai bahasa asing Memang sih kemampuan bahasa asing hanya dibutuhkan untuk beberapa posisi seperti GRO (Guest Relation Officer) atau FDA (Front Desk Agent). Tapi keterampilan dasar bahasa asing juga diperlukan untuk posisi lain baik lisan maupun tulisan. Bahasa asing yang kini banyak dibutuhkan industri perhotelan adalah Bahasa Inggris dan Mandarin. Kamu bisa melatih dan meningkatkan kemampuanmu bahasamu dengan mengikuti pelatihan di lembaga pelatihan bahasa asing.   Etika profesi Etika profesi secara umum dipahami sebagai aturan atau cara kerja yang dilakukan oleh karyawan dalam melaksanakan tugas. Manajemen hotel pasti mengharapkan agar setiap karyawannya bisa menunjukan kualitas kerja dengan etika profesi yang baik. Etika profesi meliputi kedisiplinan kerja sesuai SOP, etos kerja yang dilihat dari cara kamu menghadapi tekanan, inisiatif, tanggung jawab dan juga sopan santun baik dalam lingkup pekerja maupun tamu hotel.   Itu tadi 4 keahlian penting buat kamu fresh graduate yang mau bekerja di industri perhotelan. Informasi dan tips-tips karir lainnya yang berguna untuk kesuksesan karir kamu ada di aplikasi TopKarir. Yuk download aplikasinya di App Store dan Play Store kamu sekarang.
Komentar