Pencari Karir Pencari Kandidat

Inilah 6 Tugas HRD dalam dunia kerja yang wajib kamu ketahui

19 Agustus 2022 14:08 803 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Tugas seorang HRD perusahaan seringkali menjadi salah satu pertanyaan yang banyak ingin diketahui oleh semua orang, terutama bagi kamu yang nantinya akan memilih untuk berjenjang karir pada profesi ini, HRD memiliki peranan penting dalam suatu organisasi ataupun perusahaan agar berjalan sesuai dengan tujuan perusahaan yang ingin dicapai.

 

Bagi kamu yang masih menanyakan Apa itu HRD dan juga seperti apa tugas mereka kamu bisa menyimak pembahasan kali ini karena disini kami akan membahas mengenai tugas HRD dalam dunia kerja yang wajib kamu ketahui, HRD sendiri merupakan sebuah singkatan dari human resource development yang mana memiliki arti sebagai manajemen sumber daya manusia ataupun SDM.

 

Profesi HRD ini sangat dibutuhkan karena memiliki tugas yang penting di perusahaan mulai dari bertugas untuk merekrut karyawan baru atau pun mengelola administrasi data perusahaan, untuk beberapa tugas HRD lainnya kamu bisa menyimaknya di bawah.

 

6 Tugas HRD dalam dunia kerja  

Melakukan Perencanaan

Tugas HRD yang pertama adalah melakukan perencanaan, ada banyak sekali perencanaan yang akan ditugaskan dan dikelola oleh HRD salah satunya seperti perencanaan program dan juga perencanaan tenaga kerja, saat melakukan perencanaan program tentunya Ada banyak hal yang harus disiapkan oleh HRD salah satunya adalah sumber daya manusia.

 

Karena tentunya dalam setiap program pasti memiliki kebutuhan tenaga kerja yang berbeda-beda, dan untuk perencanaan tenaga kerja diperlukan untuk menyiapkan kebutuhan tenaga kerja dalam setiap divisi.

 

Menyelenggarakan Rekrutmen

Berikutnya adalah tugas menyelenggarakan rekrutmen ataupun seleksi, rekrutmen dilakukan karena tentunya perusahaan membutuhkan karyawan ataupun sumber daya manusia yang berpotensi baik untuk membangun perusahaan, namun untuk melakukan hal ini tentunya HRD harus melakukan berbagai serangkaian proses mulai dari administrasi hingga wawancara untuk mendapatkan kandidat yang berpotensi tersebut.

 

Tidak hanya itu dalam menemukan SDM yang tepat perusahaan juga akan terbantu dan tidak akan mengalami kesulitan ketika mengembangkan potensi karyawan karena sudah dibantu oleh HRD.

 

Memberikan Training and Development

Salah satu tugas yang penting bagi seorang HRD adalah memberikan training and development kepada karyawan, tugas ini berfungsi supaya karyawan baru ataupun lama mampu memberikan hasil yang terbaik untuk perusahaan.

 

Tugas melakukan pelatihan dan juga pengembangan ini adalah hal yang sangat penting dan perlu dilakukan oleh perusahaan karena tentunya karyawan perlu meningkatkan kemampuan mereka sehingga dapat memberikan dampak positif untuk kedepannya.

 

Menyediakan Kompensasi dan Keuntungan

Tugas HRD berikutnya adalah menyediakan kompensasi dan juga keuntungan bagi karyawan, isu yang cukup penting di perusahaan tentu saja adalah menyediakan kompensasi dan juga memberikan keuntungan bagi karyawan. Ketika akan merancang sebuah program kompensasi maka yang dipikirkan oleh HRD banyak sekali mulai dari upah, program asuransi, hingga keuntungan ataupun benefit.

 

Biasanya HRD tidak hanya merancang melainkan juga akan mengelola skema serta mengatur tata cara untuk mendistribusikannya, namun perlu dilihat bahwa kompensasi serta keuntungan ini diberikan dengan syarat mengikuti undang-undang yang berlaku karena hal ini merupakan isu sensitif dalam dunia kerja.

 

Administrasi Data

Berikutnya adalah tugas administrasi data, salah satu tugas HRD dalam perusahaan adalah melakukan administrasi data, dan untuk data di sini adalah data karyawan, payroll, pembayaran karyawan, hingga sistem kontrak kerja. Nantinya pekerjaan ini tidak hanya akan dikerjakan oleh HRD saja karena bagian personalia juga akan membantu dan meringankan kerja HRD.

 

Mengadakan Evaluasi Karyawan 

Tugas HRD yang terakhir adalah mengadakan evaluasi karyawan, dalam setiap periode ataupun 6 bulan sekali tentunya perusahaan perlu untuk melakukan evaluasi karyawan karena evaluasi ini menjadi salah satu hal yang penting untuk bisa menilai kinerja karyawan.

 

Nantinya evaluasi tidak hanya akan berfokus pada kinerja melainkan juga pada saat pelatihan dan juga pengembangan yang sudah diselenggarakan oleh HRD.

 

Dalam dunia kerja profesi HRD ini menjadi salah satu profesi yang paling banyak diminati, oleh karena itu bagi kamu yang ingin menjadi seorang HRD ada baiknya kamu harus mempelajari tugas-tugasnya terlebih dahulu agar nantinya ketika kamu menjadi seorang HRD kamu sudah menguasai semuanya.

 

Bagi kamu yang ingin mencari lowongan kerja HRD kamu bisa mengunjungi TopKarir, dapatkan juga informasi mengenai pekerjaan dan juga tips karir dengan mengunjungi TipsKarir.

 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Digital Account Manager : Jadi Profesional Handal di Era New Normal

Digital Account Manager : Jadi Profesional Handal di Era New Normal

Kita sudah memasuki era new normal, dimana semua kegiatan masyarakat harus mulai beradaptasi dengan situasi wabah Covid-19 yang masih menghantui. Dalam dunia kerja, new normal jadi tantangan bagi para pelaku usaha, karyawan dan pencari kerja. Mereka harus bisa menyesuaikan diri dengan perubahan terjadi.   Di era new normal teknologi digital menjadi andalan untuk tetap menjalankan pekerjaan sekaligus mengikuti protokoler kesehatan. Oleh karena itu, keterampilan teknologi dan digital mesti dikuasai pekerja di era sekarang ini. Salah satu pekerjaan di ranah digital yang kian diburu perusahaan adalah Digital Account Manager.   Mungkin diantara kamu masih ada yang kurang familiar dengan pekerjaan ini, padahal peluang karirnya nggak kalah menjanjikan lho. Kalau gitu, baiknya kita kenalan dulu sama pekerjaan Account Manager / Account Executive di sebuah perusahaan.   Account Manager diibaratkan sebagai jembatan antar perusahaan dengan klien. Mereka bertugas mengidentifikasi kebutuhan dan permintaan klien serta memastikan perusahaannya bisa menjawab kebutuhan tersebut. Tanggung jawab utama seorang Account Manager adalah menjaga relasi dengan klien serta bekerja sama dengan tim sales dan marketing untuk menyiapkan strategi, presentasi, dan promosi penjualan yang efektif.    Seorang Account Manager nggak cuma dituntut punya skill komunikasi, tapi juga harus bisa meyakinkan klien, kemampuan lobby, negosiasi dan bisa menjadi pendengar yang baik. Account Manager juga punya tanggung jawab untuk memastikan kedua belah pihak baik klien maupun perusahaan saling menguntungkan.   Nah, buat kamu yang sudah ngincer dan mau mendalami pekerjaan Account Manager atau Digital Account Manager,  kamu bisa belajar dan sharing bareng Benita Theda, Managing Consultant Benita Theda Management dan Yang Hira Idris, Marketing Consultant Benita Theda Management di TopEdu Webinar.   Mengangkat tema Digital Account Manager : Jadi Profesional Handal di Era New Normal, TopEdu Webinar kali ini bakal mengupas tugas dan tanggung jawab seorang Digital Account Manager, keahlian apa aja yang harus dimiliki, dan tips-tips menjadi Digital Account Manager profesional. TopEdu Webinar seri Digital Account Manager : Jadi Profesional Handal di Era New Normal akan berlangsung pada :   Tanggal : Jum’at 10 Juli 2020 Jam : 15:00-17:00 WIB Live on Zoom dan TopKarir   Narasumber : Benita Theda Managing Consultant Benita Theda Management   Yang Hira Idris Marketing Consultant Benita Theda Management   Hosted by : Meity Margareta Project Manager Benita Theda Management   Link Registrasi : bit.ly/webinarTopEduSeri   Kamu juga berkesempatan buat dapetin Voucher pelatihan online Digital Account Manager di TopEdu sebesar 50 ribu. Yuk daftar dan ikuti seri webinarnya sekarang! Yuk baca tips-tips dan info seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store ya!
Kenalan Yuk sama Profesi Account Manager, Cocok Buat Kamu yang Aktif dan Supel

Kenalan Yuk sama Profesi Account Manager, Cocok Buat Kamu yang Aktif dan Supel

Kamu sering liat kan informasi lowongan pekerjaan untuk posisi Account Manager? Atau sedang mengincar posisi ini? Account manager memang salah satu pekerjaan yang banyak dicari di generasi milenial sekarang ini.   Account manager dapat ditemukan berbagai jenis perusahaan, seperti perusahaan konsultan, penyedia layanan, perusahaan teknologi, media, agensi periklanan, agensi public relation, agensi digital, perbankan, dll.   Account manager sendiri nggak terlepas dari sales dan customer service yang bertugas membantu memenuhi kebutuhan klien atau pelanggan.   Kesuksesan seorang account manager bisa dilihat dari seberapa baik ia membangun jaringan dan mempertahankan hubungan dengan klien.   Karenanya kalau kamu mau menjadi seorang account manager kamu menguasai kemampuan komunikasi persuasif dan juga bisa menjadi pendengar yang baik untuk memahami kebutuhan klien.   Menurut CareerExplorer, untuk menjadi seorang account manager selain kepercayaan diri juga dibutuhkan personaliti yang supel atau gampang bergaul. Apalagi tujuannya kalau bukan untuk mendekatkan diri dengan klien.   Meskipun account manager erat kaitannya dengan aktivitas sales, keduanya memiliki perbedaan dari segi tanggung jawab. Sales bertanggung jawab untuk menjual sebuah produk, biasanya dengan target closing yang sudah ditentukan.   Sedangkan tanggung jawab account manager nggak berhenti sampai di proses transaksi aja, mereka harus tetap berperan aktif untuk mengawasi proses seleksi, sistem, produksi sampai permintaan klien dapat terpenuhi.   Untuk bisa menjalankan pekerjaanya, account manager juga bekerja sama dengan product developer untuk memahami detail produk yang dihasilkan, sampai tim marketing untuk membahas strategi pemasaran yang efektif.   Proses pekerjaan seorang account manager terbilang panjang tapi kalau kamu sudah bisa menikmati flow-nya, kamu bakal nyaman jalani profesi ini. Supaya lebih siap jadi account manager kamu harus tau dan mulai mengasah beberapa keterampilan di bawah ini nih, yuk disimak.   Cari lowongan kerja di wilayah DKI Jakarta? Temukan selengkapnya di sini.   1. Kemampuan komunikasi Kemampuan komunikasi terutama yang sifatnya persuasif sangat dibutuhkan kalau kamu mau menjadi account manager.   Kemampuan ini berguna untuk melobi agar klien mau bekerja sama atau membeli produk / jasa perusahaanmu. Kamu juga harus bisa menjadi pendengar yang baik untuk memahami secara detail apa yang klien inginkan.   2. Pintar melihat peluang Seorang account manager harus bisa melihat peluang dalam berbisnis. Account manager nggak bisa hanya menunggu bola, ia justru harus menjemput peluang yang menguntungkan perusahaan.   Kemampuan melihat peluang bisa dilatih dengan melakukan beberapa penelitian untuk mengidentifikasi potensi pasar dan menemukan insight yang bisa digunakan dalam proses negosiasi.   3. Manajemen waktu yang efektif Selanjutnya kamu juga harus mengasah kemampuan mengatur waktu dengan baik. Dalam industri periklanan misal, kamu harus bisa menawarkan estimasi waktu yang efektif untuk membuat sebuah iklan televisi.   Mulai dari proses pembuatan brief sampai iklan selesai diproduksi. Estimasi waktu harus realistis dan bisa diterima oleh kedua belah pihak baik perusahaan maupun klien.   Lagi cari lowongan kerja di wilayah DI Yogyakarta? Temukan selengkapnya di sini.   4. Memperhatikan detail Seorang account manager bertanggung jawab bukan hanya untuk perusahaan tapi juga langsung kepada klien. Ibaratnya nih, account manager juga membawa citra perusahaan di mata semua klien yang dipegang.   Karena itu kesalahan yang dilakukan akan berdampak pada penilaian terhadap perusahaan. Untuk menghindari kesalahan tersebut, kamu harus punya ketelitian dan detail yang tinggi.   Itu tadi beberapa keterampilan yang harus dimiliki seorang account manager. Kalau kamu mau belajar tentang account manager lebih dalam lagi, kamu bisa ikuti pelatihan online-nya langsung bareng mentor profesional di TopEdu. Karena di TopEdu selain belajar jadi lebih mudah, kamu juga bisa bangun relasi langsung dengan mentor-mentor ternama.   Temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store!
Komentar