KANDIDAT PERUSAHAAN

Keasyikan Liburan? Awas Post Holiday Blues! Ini Cara Mencegahnya

09 Mei 2022 14:05 5454 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 6 KALI DIBAGIKAN

Setelah dua tahun Lebaran tanpa libur panjang, di tahun 2022 ini Pemerintah sudah sudah memperbolehkan seluruh warganya untuk bepergian dan mudik ke kampung halaman.

 

Pasti semua orang sudah menunggu-nunggu momen ini. Kalo kamu gimana? Libur Lebaran ini jalan-jalan kemana aja?

 

Menikmati liburan memang menyenangkan, apalagi ditemani orang-orang tersayang. Tapi, terkadang saking asyiknya liburan, waktu jadi terasa cepat berlalu, tau-tau udah harus masuk kerja aja.

 

Nah, hati-hati nih kalau kamu ngerasa kurang bersemangat hadapi hari kerja, suasana hati gak baik dan sedih karena masih belum move on dari liburan sebelumnya, bisa jadi itu post holiday blues, lho!

 

Pengertian Post Holiday Blues

Post holiday blues adalah kondisi dimana otak belum bisa melepas pengalaman yang berkesan selama liburan. Hal ini wajar terjadi karena otak manusia otomatis merekam hal-hal yang menyenangkan selama liburan dan menghentikan hormon stres.

 

Simple-nya sih, otak kita jadi “kaget” saat harus kembali melakukan aktivitas di hari kerja. Ada beberapa gejala Post Holiday Blues yang biasa muncul seperti sakit kepala, kesulitan tidur di malam hari alias insomnia, mudah marah, kesulitan berkonsentrasi hingga stres.

 

Cara Mengatasi Post Holiday Blues

1. Perbanyak interaksi dengan orang lain

Ajak teman atau orang-orang terdekatmu untuk berbicara, baik secara langsung maupun telepon. Kamu bisa saling berbagi pengalaman liburan dan momen menyenangkan yang mereka miliki.

 

Banyak ahli psikologi mengatakan, berbicara secara verbal dapat membantu kita keluar dari masalah kecemasan, salah satunya post holiday blues.

 

2. Mengatur pola tidur

Seringkali di waktu liburan jam tidur kita malah jauh berkurang atau berantakan karena saking semangatnya dengan berbagai rencana liburan. Kita sering lupa untuk mengistirahatkan tubuh yang kelelahan.

 

The Sleep Foundation mengatakan buruknya kualitas tidur dapat mengakibatkan pada penurunan suasana hati. Itu sebabnya, mengatur pola tidur agar kebutuhan tubuh terpenuhi dapat mengendalikan masalah emosi ini.

 

3. Konsumsi makanan yang sehat

Biar mood kamu bisa kembali lagi setelah liburan dan lebih siap menyambut hari yang normal, kamu perlu menata kembali gaya hidup sehat, termasuk soal makanan. Perbanyak asupan ikan, biji-bijian, cokelat hitam dan teh hijau untuk bantu cegah stres.

 

4. Berolahraga

Nggak lupa atur waktu rutin untuk berolahraga, apalagi saat libur Lebaran kita sering menyantap makanan yang berlemak. Emang susah sih ya, kembali ke kebiasaan semula setelah lama bersantai ria, tapi nggak mau kan berat badan jadi nggak kekontrol setelah liburan?

 

Nggak perlu olahraga berat, sekedar berjalan kaki memutari perumahan juga bisa membantumu terhindar dari post holiday blues. Mengutip Cleveland Clinic, dengan berjalan kaki, kita dapat meningkatkan endorfin yang akan membuat kita merasa lebih tenang.

 

Yuk, baca lebih banyak informasi dan tips karir menarik lainnya di TipsKarir. Temukan berbagai lowongan kerja seluruh Indonesia ter-update di sini. Download juga aplikasi TopKarir untuk dapatkan kemudahan melamar pekerjaan.

Komentar