KANDIDAT PERUSAHAAN

10 Alasan Pindah Kerja yang Baik Ketika Ditanya Pada Sesi Interview Kerja

11 Oktober 2022 13:10 55351 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 78 KALI DIBAGIKAN

 

Setiap karyawan tentunya memiliki Alasan Pindah Kerja yang berbeda-beda ketika mereka memutuskan untuk pindah dari perusahaan sebelumnya, beberapa alasan tersebut biasanya akan menyangkut alasan personal maupun profesional, dan biasanya untuk alasan pindah kerja ini sering ditanyakan pada saat proses interview kerja.

 

Alasan pindah kerja yang baik tentunya akan memberikan kesan yang baik pula kepada rekrutmen ataupun wawancara ketika kamu menjawabnya, jangan sampai ketika menjawab alasan tidak kerja ini kamu malah menjelek-jelekkan perusahaan ataupun atasan kamu sebelumnya. Bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja alasan tidak kerja yang baik ketika ditanya pada sesi interview kerja kamu bisa menyimaknya berikut ini.

 

10 Alasan Pindah Kerja yang Baik Ketika Ditanya Pada Sesi Interview Kerja

Alasan pindah kerja yang paling tepat dan baik bisa kamu berikan kepada pewawancara dan rekrutmen agar pada proses wawancara tersebut mereka menilai positif dan menilai baik pada kamu atas jawaban dari pertanyaan mereka mengenai alasan pindah kerja, ada beberapa alasan yang bisa kamu pakai ketika ditanya pada sesi interview kerja, untuk beberapa alasannya yaitu.

 

Mendapatkan Tawaran Yang Lebih Baik Dari Perusahaan Lain

Alasan pindah kerja yang baik ketika ditanya pada sesi interview kerja yang pertama adalah mendapatkan tawaran yang lebih baik dari perusahaan lain, perlu diingat bahwa kesempatan kerja bisa saja terlebih dahulu datang kepada kamu tanpa kamu harus mencarinya terlebih dahulu.

 

Misalnya saja ada yang menghubungi kamu melalui email atau sosial media kamu dan menawarkan posisi yang sesuai dengan kemampuanmu, biasanya perusahaan akan melihat dari personal branding yang sudah kamu bangun di sosial media, jadi alasan ini bisa kamu gunakan ketika kamu menjawab alasan pindah kerja pada saat sesi interview kerja.

 

Career-Switch Atau Pindah Jalur Karir

Alasan pindah kerja berikutnya kamu bisa menjawab ingin pindah jalur karir atau switch karir, memilih untuk pindah jalur karir menjadi salah satu hal yang sangat wajar di dunia kerja, Hal ini karena ketika kamu memutuskan pindah jalur karir ke bidang yang lain tentunya kamu harus menemui kesulitan meskipun sudah memiliki pengalaman kerja.

 

Salah satu kesulitannya adalah pada saat kamu mengikuti sesi wawancara kerja, yang tentu saja kamu belum memiliki pengalaman yang relevan dengan bidang yang kamu melamar pada perusahaan tersebut. Alasan ini bisa menjadi salah satu alasan pindah kerja yang baik dan bisa kamu gunakan untuk menjawab pertanyaan pada sesi interview.

 

Mencari Lingkungan Kerja Baru

Berikutnya adalah untuk mencari lingkungan kerja baru yang lebih baik, saat kamu bekerja pada lingkungan kerja yang toxic tentunya hal tersebut tidak akan nyaman, namun meskipun alasan pindah kerja kamu karena lingkungan yang kurang baik tetapi pada saat menjawab alasan tidak kejam kamu harus sebisa mungkin menghindari untuk menjelekkan perusahaan lama.

 

Untuk menjawabnya kamu bisa mendeskripsikan dengan hal lain yang mengungkapkan alasan tersebut contohnya seperti.

 

  • Ingin mencari lingkungan kerja yang lebih dinamis
  • Ingin menjadi bagian dari tim yang lebih besar agar bisa berkembang.
  • Ingin berada pada perusahaan yang memiliki interaksi sosial yang lebih banyak.

Karena Kondisi Keluarga

Alasan pindah kerja yang baik berikutnya adalah karena kondisi keluarga, meskipun seperti yang telah kita ketahui bahwa dengan membahas masalah pribadi atau personal di tempat kerja Hal ini tentu tidak disarankan karena seakan kamu tidak profesional. 

 

Namun kamu bisa memberi alasan dah kerja karena kondisi keluargamu yang mungkin saja sedang mengalami masalah atau pun kurang baik, contohnya Jika kamu seorang wanita yang sudah menikah kamu memilih pekerjaan remote dibandingkan dengan pekerjaan yang harus pergi ke kantor karena kamu harus mengurus keluarga di rumah terutama anak.

 

Kondisi Kesehatan

Alasan pindah kerja yang baik berikutnya adalah karena kondisi kesehatan, kamu bisa menjawab pada sesi interview kerja kamu harus mengambil istirahat selama beberapa waktu tertentu untuk mengembalikan kondisi kesehatan kamu sebelum melamar pekerjaan kembali. Akan tetapi pada saat menjawab karena alasan kondisi kesehatan kamu yang kurang baik pastikan saat mengikuti interview kerja pada perusahaan tersebut kamu sudah memiliki keadaan yang pulih total agar perjalanan karirmu bisa berlanjut.

 

Status Pekerjaan Yang Berbeda

Bagi kamu yang saat ini mungkin masih berstatus sebagai karyawan kontrak atau part time, dan saat ini Kamu sudah siap untuk mengambil pekerjaan pulsain maka alasan status pekerjaan bisa kamu berikan pada saat sesi interview kerja. Kamu bisa menjelaskan alasan mengapa kamu ingin mencari pekerjaan dengan sistem kerja yang berbeda dari perusahaan kamu sebelumnya lalu kamu juga bisa mengaitkan dengan karir goals kamu.

 

Kesempatan Untuk Berkembang

Alasan pindah kerja yang baik berikutnya adalah karena kesempatan untuk berkembang, mungkin pada tempat kerja kamu sebelumnya kesempatan untuk mendapatkan promosi hampir tidak ada meskipun kamu sudah merasa loyal pada perusahaan, maka Hal ini tentu saja bisa merugikan kamu dan menghambat perkembangan karimu ke depan.

 

Maka dari itu alasan bahwa kesempatan kerja berkembang tidak ada bisa menjadi salah satu opsi jawaban ketika kamu mengikuti sisi untuk bekerja, sudah ada banyak orang yang menggunakan Hal ini sebagai alasan pindah kerja karena mereka merasa sudah mampu dan berkompeten untuk bisa mengemban jabatan yang lebih tinggi dari posisi mereka sebelumnya.

 

Tidak Sesuai Dengan Career Goal

Berikutnya adalah tidak sesuai dengan career goal, meskipun kamu bisa mencintai pekerjaan kamu sebelumnya akan tetapi jika tidak ada jenjang karir yang jelas tentunya hal ini akan cukup menghambat kamu ke depannya.

 

Dengan menemukan pekerjaan yang bisa membuat kamu mencapai karir goals tentunya hal ini perlu kamu perjuangkan, jadi ketika kamu mengikuti proses sesi interview kerja kamu bisa memberikan alasan ini dan menjelaskan bahwa kamu saat ini sedang mencari pekerjaan yang memang sesuai dan kesempatan untuk mencapai career goal lebih besar. 

 

Kultur Perusahaan

Alasan pindah kerja berikutnya adalah karena kultur perusahaan, pada setiap perusahaan tentunya memiliki kultur serta budaya yang berbeda, dan kultur ini akan terbentuk dari berbagai hal yang ada pada perusahaan tersebut mulai dari visi dan misi hingga Bagaimana cara serta pola interaksi sesama karyawan digunakan di setiap harinya.

 

Kamu bisa memberikan alasan pindah kerja karena kultur perusahaan kurang cocok dengan kamu, dan jika kamu merasa kutu tempat kerja kamu sebelumnya memang tidak cocok maka kamu bisa mempertimbangkan hal ini menjadi salah satu alasan pindah kerja yang baik.

 

Merasa Overqualified

Alasan pindah kerja yang terakhir adalah merasa overqualified, kondisi ini merupakan kondisi ketika kamu merasa kualifikasi kamu terlalu tinggi untuk posisi kamu saat ini dan merasa bahwa skill yang kamu miliki tidak bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin pada posisi dan perusahaan yang lama.

 

Kamu juga merasa peran kamu di perusahaan terasa lebih pasif serta tidak bisa melakukan hal yang lebih dengan potensi kamu, maka dari itu alasan ini bisa kamu gunakan untuk menjawab alasan pindah kerja pada saat sesi interview kerja.

 

Nah itu tadi pembahasan mengenai 10 alasan pindah kerja yang baik ketika ditanya pada sesi interview kerja, semoga beberapa alasan di atas bisa membantu kamu ketika saat ini sedang mengikuti sesi interview di perusahaan. Hal yang perlu diingat bahwa ketika kamu menjawab alasan pindah kerja jangan sampai kamu menjelek-jelekkan perusahaan lama atau bahkan atasan karena hal ini akan menimbulkan kurangnya penilaian terhadap dirimu oleh pewawancara.

 

Bagi kamu yang saat ini belum memiliki pekerjaan kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan pada TopKarir, dapatkan juga berbagai informasi mengenai pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar