Pencari Karir Pencari Kandidat

3 Amalan Sunnah Jelang Salat Idul Fitri yang Baiknya Kamu Lakukan

29 April 2022 14:04 931 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Di Lebaran tahun 2022 ini, umat Muslim di Indonesia sudah diperbolehkan melaksanakan salat Ied di masjid.

 

Dikutip dari Kitab Minhajul Muslim, hukum salat Ied adalah sunnah muakkad, artinya sangat dianjurkan untuk memperoleh pahala dan keutamaannya, karena salat ini ditunaikan hanya setahun sekali.

 

Sebelum berangkat ke masjid dan melaksanakan salat Ied, ada tiga amalan utama yang sebaiknya dilakukan sebelum meninggalkan rumah. Apa aja? Simak ulasannya berikut ini.

 

1. Mengumandangkan Takbir

Menggemakan takbir adalah salah satu sunnah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Berdasarkan hadist riwayat Bukhari, dari Ummu Athiyyah RA berkata,

 

"Kami dahulu diperintahkan untuk keluar pada hari raya sehingga para gadis juga keluar dan perempuan yang sedang haid pun keluar rumah. Mereka berada di belakang jamaah salat, mereka bertakbir sebagaimana jamaah lain bertakbir, mereka berdoa dengan doa para jamaah, mereka berharap keberkahan hari itu."

 

Nah, sunnah ini biasa dilakukan pada malam menjelang Idulfitri keesokan harinya hingga pagi hari atau sampai imam keluar untuk melaksanakan salat Id.

 

2. Mandi dan mengenakan pakaian terbaik 

Mandi sebelum melaksanakan salat Idulfitri hukumnya adalah sunnah. Hal ini sudah menjadi kebiasaan Nabi Muhammad SAW sebelum berangkat salat.

 

Selain itu, Rasulullah juga mempersiapkan dan menggunakan pakaian terbaik dan juga wewangian di hari raya. Dalam buku Fiqh Us-Sunnah: Supererogatory Prayers dari As-Sayyid Sabiq, Ibn Al-Qayyim mengatakan,

 

"Rasulullah SAW biasa menggunakan pakaian yang terbaik untuk hari-hari tersebut dan dia punya jubah (cloak) khusus yang hanya dipakai pada dua Hari Raya dan Jumat."

 

3. Makan sebelum pergi salat

Amalan lainnya yang dilakukan Rasulullah SAW sebelum melaksanakan salat Id adalah makan. Dalam kitab Muwatta Malik yang disusun Imam Malik bin Anas, tertulis

 

"Yahya menceritakannya padaku dari Malik dari Ibnu Shihab, yang diceritakan Said Al-Musayyab, jika orang-orang diperintahkan makan terlebih dulu sebelum berangkat salat Idulfitri. Menurut Malik, orang-orang tidak melakukan kebiasaan tersebut pada Idul Adha."

 

Dalam hadist riwayat Bukhari, Rasulullah SAW diceritakan memakan kurma terlebih dulu dengan jumlah ganjil sebelum melaksanakan salat Idulfitri.

 

Yuk, baca lebih banyak informasi dan tips karir menarik lainnya di TipsKarir. Temukan berbagai lowongan kerja seluruh Indonesia ter-update di sini. Download juga aplikasi TopKarir untuk dapatkan kemudahan melamar pekerjaan.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Punya Bos Nyebelin? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Punya Bos Nyebelin? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Stres saat bekerja bisa datang kapan aja, tapi terkadang sumber stres itu bukan dari pekerjaannya melainkan hal lain, contohnya bos yang super galak dan nyebelin. Karena kamu udah sebel banget sama si bos pada akhirnya bisa mempengaruhi penilaian kamu tentang pekerjaan dan kamu merasa nggak nyaman di tempat kerja.   Bos yang kurang baik biasanya punya ciri-ciri suka bullying, mempekerjakan karyawan melebihi jam kantor, workaholic dan mengharapkan karyawan tersedia 24 jam, terlibat dalam politik kantor. Kalian punya bos yang super nyebelin dan mulai stres di kantor? Jangan sedih Sahabat TopKarir. Kamu harus lakukan 5 hal ini secepatnya!   Hadapi Kalau kamu punya bos yang super nyebelin pasti dipikiran kamu ingin cepat-cepat cari tempat kerja baru. Tapi jangan gegabah dulu Sahabat TopKarir, lebih bijaksana kamu meluangkan waktu untuk membahas tentang yang kamu rasakan ke pihak HRD utarakan keluh kesahmu, biasanya mereka akan punya solusi yang baik untuk kamu.   Bicara dengan si Bos Jika kamu merasa nggak bahagia karena si bos tapi kamu merasa ada potensi dengan perusahaan dan juga posisimu sekarang, langkah pertama yang harus kamu ambil adalah bicara langsung dengan si bos. Bicaralah dengan baik, jujur dan sopan jangan ada nada yang mengancam. Tawarkan solusi untuk permasalahan ini, komunikasi dua arah memang perlu Sahabat TopKarir, dibandingkan kamu mengumpat dibelakang dan nggak punya solusi apa-apa.    Ceritakan Kepada Orang Diluar Kantor Untuk mengurangi rasa stres kamu bisa ceritakan masalahmu di tempat kerja dengan teman-teman, atau keluarga yang ada diluar dari lingkungan kantor kamu. Jangan sampai kamu gosip-gosip sama teman-teman yang ada di kantor ya karena membicarakan kelakukan si bos merupakan hal yang sensitif. Bagaimana kalau ternyata teman kamu tidak bisa di percaya? Wah bahaya ya Sahabat TopKarir.   Lihat Tempat Lain Sisihkan waktu jauh dari kantor untuk melihat pekerjaanteman-teman, perusahaan menarik dan kesempatan kerja. Hal ini dapat membantu kamu membandingkan situasi saat ini dengan peluang untuk membuat keputusan, kamu ingin bertahan atau tidak.   Monitor Kepuasan Kerja Ukur kepuasan kerjamu, walaupun si bos nyebelin tapi apakah kamu puas dengan pekerjaanmu,dengan jabatan dan juga penghasilanmu? Memonitor kepuasan bisa membantu kamu mengambil keputusan. Pertimbangkan keuntungan dan juga kerugian yang kamu alami ya Sahabat TopKari. Kalau kamu merasa lebih banyak dirugikan, mencari pekerjaan baru adalah keputusan yang tepat.   Punya Bos yang super nyebelin emang nggak enak ya Sahabat TopKarir, tapi kamu tetap harus bijak mengambil keputusan jangan sampai salah langkah yang justru akan merugikan kamu. Banyak kesempatan yang tersedia untuk kamu, intip banyak lowongan pekerjaan yang tersedia di website www.topkarir.com jangan sampai kelewatan ya!
Komentar