KANDIDAT PERUSAHAAN

5 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Mandarin untuk Berkarir

24 Maret 2021 20:03 29344 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 7 KALI DIBAGIKAN

Punya kemampuan bahasa inggris sebagai bahasa internasional tampaknya sudah umum ya. Gimana kalau bahasa mandarin? Di lingkungan masyarakat Indonesia, sering kan kita menemukan orang yang kesehariannya menggunakan Bahasa Mandarin. Karena banyak warga Indonesia yang punya keturunan Tionghoa dan tenaga kerja China yang menetap disini.

 

Belajar dan bisa menguasai banyak bahasa akan sangat menguntungkan terlebih untuk karir kamu kedepannya. Termasuk Bahasa Mandarin karena Tiongkok menjadi negara superior di bidang ekonomi yang punya pengaruh besar dalam perekonomian dunia, termasuk Indonesia.

 

Banyak perusahaan besar yang punya hubungan bisnis dengan China, karena itu tenaga kerja yang punya kemampuan berbahasa mandarin saat ini semakin dibutuhkan. Belajar Mandarin punya banyak manfaat di dunia kerja sekarang ini, setidaknya kamu bisa menguasai Bahasa Mandarin dasar berbentuk percakapan. Beberapa alasan di bawah ini bisa jadi pemicu semangat kamu untuk mulai belajar Bahasa Mandarin.

 

China berperan besar dalam perekonomian

Negara Tiongkok merupakan salah satu raksasa ekonomi dunia. China punya kekayaan alam yang sangat berlimpah, populasi penduduk terbanyak serta tenaga kerja ahli yang berdedikasi menjadikan Negeri Tiongkok negara dengan pasar terbesar dunia.

 

Nggak heran, kemajuan dan pembangunan di China sangatlah pesat, baik dalam bidang infrastruktur, teknologi, maupun keuangan. Banyaknya kerjasama ekonomi dengan China membuat perusahaan di Indonesia membutuhkan sumber daya yang ahli berbahasa Mandarin untuk mendukung kelancaran berkomunikasi.

 

Bahasa dengan penutur terbanyak di dunia

Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, populasi warga China juga tersebar di berbagai negara. Bahasa Mandarin adalah bahasa yang digunakan oleh lebih dari seperempat penduduk dunia. Nggak cuma penduduk di wilayah China saja, tapi juga masyarakat Taiwan, Singapura, Malaysia, Hongkong, Filipina bahkan di Indonesia juga sudah banyak yang menggunakan Bahasa Mandarin dalam kesehariannya.

 

Selain fakta tersebut, berbagai komunitas masyarakat perantauan dan keturunan Tionghoa yang bertempat tinggal di negara-negara besar, seperti Australia, Amerika Serikat dan daratan Eropa juga menggunakan bahasa ini. Bahkan 20% dari jumlah mahasiswa asing di Inggris berasal dari China.

 

Meningkatkan value dalam berkarir

Dilansir Databoks, di awal tahun 2019 China menjadi negara kedua terbesar yang menanamkan modalnya di Indonesia, yakni sebesar 4,7 miliar dolar AS atau 16,8% dari total investasi ke Indonesia. Ini artinya, sumber daya manusia dengan kemampuan Bahasa Mandarin kedepannya sangat dibutuhkan.

 

Mulai dari sekarang kamu bisa belajar Bahasa Mandarin agar punya keunggulan berbahasa dan berkompetisi dengan kandidat pencari kerja lain. Kemampuan akan jadi daya tarik di mata banyak perusahaan.

 

Berperan dalam dunia pariwisata

Karena penduduk Tiongkok yang besar dan tersebar di berbagai belahan dunia hal ini juga berdampak pada industri pariwisata. Banyak negara dan tempat-tempat wisata terkenal yang menyediakan informasi, tour guide berbahasa Mandarin. Apalagi untuk sektor wisata di negara-negara Asia. Oleh karena itu dalam dunia pariwisata bahasa Mandarin nggak kalah pentingnya dengan Bahasa Inggris.

 

Kalau kamu mau kerja di bidang hospitality, kemampuan bahasa Mandarin juga akan sangat diperhitungkan. Pasalnya jumlah wisatawan asal Tiongkok ke Indonesia di tahun 2019 aja bisa mencapai 2,07 juta kunjungan. Gimana? Potensia karirnya pasti besar kan kalau bisa berbahasa Mandarin.

 

Peluang pekerjaan semakin luas

Faktanya saat ini banyak lapangan pekerjaan juga membutuhkan sumber daya manusia yang mampu berbahasa mandarin dengan baik dan lancar. Biasanya, mereka meminta skor HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi), yaitu ujian bahasa Mandarin. Nilai HSK bisa kamu masukkan dalam CV sebagai poin kelebihan kamu di mata perusahaan.

 

Sudah tau kan pentingnya punya kemampuan Bahasa Mandarin? Peluang karir kamu akan lebih luas, biarpun baru menguasai percakapan dasar. Belajar Bahasa Mandarin itu mudah kok, terlebih di era teknologi seperti sekarang ini, kamu bisa belajar online cuma lewat satu aplikasi. Salah satu yang menyediakan materi belajar Bahasa Mandarin yakni TopEdu dari TopKarir. Kamu bisa belajar bareng tutor yang andal dengan metode yang mudah dan cepat dipahami.

 

Itu tadi beberapa alasan pentingnya belajar Bahasa Mandarin untuk anak muda. Yuk temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store!

Komentar