Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Kerja Sampingan di Bulan Ramadan buat Tambah Cuan

11 April 2022 09:04 2542 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Kebutuhan di bulan Ramadan tampaknya selalu lebih banyak ya, dibanding bulan-bulan biasanya. Di bulan yang spesial ini pasti setiap keluarga ingin menyajikan hidangan yang spesial, belum lagi menjelang hari raya nanti, pasti pengeluaran akan lebih banyak lagi seperti persiapan baju lebaran, THR untuk keponakan, atau biaya mudik yang juga gak sedikit.

 

Karena kebutuhan yang makin bertambah, banyak orang yang mencari pekerjaan tambahan untuk mempersiapkan dana menjelang hari raya Idul Fitri tiba.

 

Di bulan suci ini, banyak peluang dan pintu rezeki yang bisa kamu coba untuk menambah penghasilan. Dari menjelang datangnya bulan Ramadan sampai hari raya Idul Fitri nanti, ada beberapa peluang kerja tambahan yang bisa kamu coba untuk menambah pundi-pundi rupiah. 

 

1. Usaha katering

Di bulan puasa, biasanya banyak orang yang gak sempat menyiapkan santap sahur dan berbuka, apalagi di lingkungan mahasiswa/pekerja pendatang.

 

Nah, kamu bisa manfaatkan kesempatan ini untuk membuka usaha katering dengan menawarkan menu sahur dan berbuka setiap hari agar mereka gak perlu repot lagi mencari makanan.

 

Kamu bisa menawarkannya ke ibu rumah tangga yang bekerja atau anak-anak kos, karena biasanya waktu mereka terbatas untuk mempersiapkan makanan.

 

2. Freelance menulis konten

Kerja sampingan berikutnya yang bisa dicoba, yakni menulis konten. Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa freelancer. Salah satu bidang kerja yang tinggi tingkat permintaan freelance-nya adalah penulisan.

 

Beberapa bidang penulisan yang ramai diburu perusahaan, seperti penulisan konten blog, media sosial dan copywriting. Kamu bisa temukan peluang kerja sebagai freelance writer di berbagai situs freelance yang ada.

 

3. Desainer kartu ucapan

Kalau kamu tertarik di bidang desain, menjadi desainer untuk membuat kartu ucapan lebaran juga bisa dicoba nih. Menjelang lebaran nanti, pasti banyak orang yang membutuhkan kartu ucapan untuk dikirim dalam paket hampers.

 

Bukan cuma perorangan, perusahaan juga biasanya mengirim beberapa hampers untuk partner maupun investor.

 

4. Menjual kue kering/makanan khas lebaran

Salah satu bisnis yang biasanya melejit di bulan puasa dan menjelang lebaran yakni bisnis kue khas lebaran. Beberapa sajian kue seperti kue putri salju, nastar, lidah kucing sampai cokelat ramai dibeli untuk menyambut tamu di hari Idul Fitri.

 

Kalau kamu punya keahlian di bidang pastry, bisnis yang satu ini bisa dicoba untuk menambah penghasilan. Atau kamu juga bisa jadi reseller dengan menjual kembali kue kering dari produsen yang sudah punya nama dan pasar, jadi lebih gampang deh jualannya.

 

5. Bisnis online pakaian muslim

Satu lagi nih, bisnis yang nggak kalah cuan di bulan puasa yakni menjual pakaian muslim atau perlengkapan ibadah. Banyak orang yang mencari pakaian muslim untuk dikenakan saat hari raya Idul Fitri nanti atau sebagai bingkisan THR untuk dibagi-bagi ke kerabat.

 

Kamu bisa buka toko online untuk menjangkau pelanggan lebih luas lagi, selain itu dengan membuka toko online kamu juga bisa lebih hemat dari segi pemasaran dan operasional.

 

Itu tadi beberapa peluang kerja sampingan di bulan Ramadan yang bisa hasilkan banyak cuan. 

 

Yuk, baca lebih banyak informasi dan tips karir menarik lainnya di TipsKarir. Temukan berbagai lowongan kerja seluruh Indonesia ter-update di sini. Download juga aplikasi TopKarir untuk dapatkan kemudahan melamar pekerjaan.

Komentar