Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Kerja Sampingan untuk Menambah Pendapatan bagi Pelajar dan Mahasiswa

05 April 2022 09:04 15336 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 6 KALI DIBAGIKAN

Siapa bilang kerja sampingan atau part time hanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah lulus sekolah dan menjadi sarjana?

 

Pandemi yang melanda Tanah Air belakangan ini tidak hanya berdampak bagi para pekerja tapi juga pelajar seperti anak sekolah dan mahasiswa. 

 

Ya, uang jajan yang biasa mereka dapatkan jika pergi ke sekolah atau kampus kini berkurang banyak. Bagaimana tidak, sudah setahun belakangan seluruh kegiatan belajar mengajar ikut dipindahkan ke rumah masing-masing guna menekan penularan Covid-19. 

 

Alhasil, selain memberlakukan Work From Home (WFH), Pemerintah juga meminta instansi pendidikan ditutup sementara sampai kondisi kembali kondusif. Tapi nggak usah kuatir, kalian tetap bisa mendapatkan uang jajan dengan melakukan kerja sampingan.

 

Tidak seperti karyawan tetap, kerja part time punya jam kerja yang lebih sedikit dan tidak terikat. Dengan begitu, kamu tetap punya waktu untuk belajar dan menyelesaikan studimu.

 

Kerja Sampingan untuk Pelajar dan Mahasiswa

Kebanyakan perusahaan kini memang memiliki standar karyawan minimal lulusan S1. Tapi tenang saja, masih banyak peluang yang bisa diambil oleh para pelajar.

 

Berikut beberapa rekomendasi kerja sampingan yang bisa dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa untuk menambah uang saku.

 

1. Menulis

Menulis memang membutuhkan keahlian dan kreativitas. Tapi nggak sedikit orang yang juga dianugerahi bakat menulis sejak dini.

 

Buat kamu yang hobi menulis bisa cari peluang menjadi freelance content writer. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, banyak perusahaan yang membutuhkan penulis lepas untuk meningkatkan traffic dan awareness terhadap website mereka.

 

Kamu juga bisa 'menjual' tulisan-tulisanmu melalui sejumlah platform digital yang kini makin menjamur seperti UC News, Geotimes.co.id, Basabasi.co dan masih banyak lagi.

 

Bayarannya pun sangat menggiurkan, berkisar mulai Rp30 ribu - Rp350 ribu tergantung kedalaman dan panjang tulisannya.

 

2. Guru Les

Sejak pandemi, banyak orangtua yang merasa kesulitan mengajarkan anak-anak mereka di rumah. Momen ini bisa kamu manfaatkan dengan menjadi guru les bagi anak-anak SMP atau SD. 

 

Kerja sampingan satu ini tidak hanya menghasilkan uang tapi juga membawa manfaat bagi orang lain. Kamu bisa membuat jadwal mengajar tiga kali dalam seminggu di luar jam sekolah atau kuliah.

 

Pekerjaan ini membutuhkan relasi yang cukup luas untuk membantumu mendapatkan murid. Kamu bisa mulai dengan mengajar kerabat atau tetangga sekitar.

 

3. Jualan Online

Media sosial khususnya Instagram kini sudah bukan lagi menjadi tempat untuk berbagi cerita tapi juga wadah promosi. Apalagi sejak pertengahan 2019, Instagram resmi menghadirkan fitur belanja. 

 

Layanan ini tentunya semakin memanjakan para pemilik online shop. Untuk kamu yang ingin mendapat uang saku tambahan, bisa memanfaatkan ini dengan membangun bisnis online sendiri.

 

Kamu bisa berjualan pakaian, hijab, aksesori hingga makanan. Selain media sosial, kamu juga bisa membuat toko online di e-commerce untuk semakin memudahkan transaksi. Jangan lupa siapkan foto-foto produk yang menarik dan orisinal agar dilirik pembeli.

 

4. Driver Online 

Sudah lebih dari lima tahun ini driver online menjamur di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan orang yang sudah menjadi pekerja full time pun banyak yang menjadikan driver online ini sebagai pekerjaan sampingan.

 

Kehadiran driver online sangat membantu aktivitas dan mobilitas masyarakat. Pasalnya, layanan yang mereka berikan bukan hanya sekedar menjadi 'ojek' tapi juga mengantar barang, makanan dan masih banyak lainnya.

 

Waktu bekerjanya pun amat sangat fleksibel tergantung keinginan. Namun, pekerjaan ini disarankan untuk kamu yang sudah mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM) dan kendaraan dengan surat-surat lengkap.

 

5. Berjualan Pulsa

Berjualan pulsa mungkin terdengar kurang menarik, tapi siapa sangka justru keberadaan penjual pulsa saat ini sangat dicari. Tingginya tingkat penggunaan smartphone dan internet membuat permintaan pulsa semakin tinggi pula.

 

Modalnya pun nggak terlalu besar. Kamu hanya tinggal memanfaatkan ponsel milikmu dan mendaftarkan diri ke distributor pulsa elektrik. Tapi kini juga sudah banyak aplikasi yang menyediakan layanan pengisian pulsa untuk memudahkanmu berjualan.

 

Selain pulsa seluler, kamu juga bisa berjualan pulsa listrik untuk orang-orang yang menggunakan sistem prabayar atau token. Untuk berjualan pulsa kamu tidak perlu menyita banyak waktu dan bisa melakukannya dari rumah.

 

Dari pekerjaan sampingan, bisa dijadikan sebagai mata penghasilan utama juga, lho. Ada beberapa tips dan trik buat kamu yang mau sukses mencari pekerjaan sampingan, selengkapnya di pembahasan Resep Mencari Side-job

 

Itulah beberapa rekomendasi kerja sampingan khusus pelajar dan mahasiswa untuk menambah uang saku, menggiurkan bukan? Temukan juga berbagai lowongan kerja menarik lainnya di aplikasi TopKarir. Intip tips karir selengkapnya di sini untuk mendapatkan posisi yang kamu impikan.

Komentar