KANDIDAT PERUSAHAAN

5 Profesi Kerja Untuk Lulusan Kesehatan Masyarakat

24 Maret 2021 20:03 10448 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 3 KALI DIBAGIKAN

Menjadi seorang sarjana kesehatan masyarakat saat ini mungkin bukanlah pilihan bagi para angkatan muda di Indonesia. Alasannya tentu saja karena ilmu kesehatan masyarakat disini masih terbilang belum cukup populer. Nah tapi prospek dari jurusan ini juga sangat bagus lho, mau tau apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini ya!

 

  • Administrator Layanan Kesehatan Masyarakat

Prospek kerja kesehatan masyarakat sebagai Healthcare Administrator bisa kamu temui di rumah sakit, layanan ambulance, dan institusi pemerintah. Tugasnya yang utama adalah untuk memastikan layanan kesehatan yang disediakan oleh tenaga medis dan petugas sudah efektif dan berkualitas.

 

  • Gizi Kesehatan Masyarakat

Kalau kamu masih tidak menginginkan dunia klinis, kamu bisa juga lho bekerja sebagai quality control di suatu perusahaan makanan maupun minuman. Bila dokter spesialis gizi kebanyakan menangani orang lain dengan masalah gizinya, maka ahli gizi bertugas untuk misalnya manajemen produk makanan di suatu perusahaan ataupun rumah sakit.

 

  • Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Prospek kerja kesehatan masyarakat yang satu ini memang sedikit lebih kompleks dan sifatnya teknis. Tugasnya untuk mendesain sistem dan prosedur agar pekerja terhindar dari penyakit ataupun kejadian bencana selama bekerja.

 

  • Epidemiologist

Ini salah satu cabang di bidang kesehatan yang berhubungan dengan insiden, penyebaran, dan pengendalian penyakit pada populasi. Profesi ini menuntut keahlian dalam menghasilkan demografi yang akurat, nantinya digunakan untuk meminimalisir resiko atas keadaan dunia kesehatan masyarakat.

 

  • Biostatistician

Prospek kerja kesehatan masyarakat sebagai Biostatistician nantinya akan berkaitan dengan desain cara mengumpulkan data lapangan, lalu menganalisanya untuk kegiatan pengembangan di bidang kesehatan. Bagi kamu yang suka dengan kerja di laboratorium, menyiapkan waktu panjang untuk proses analisa, maka prospek kerja kesehatan masyarakat ini cocok buat kamu.



Itulah beberapa prospek kerja kesehatan masyarakat yang bisa kamu lakukan. Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya! 





Komentar