KANDIDAT PERUSAHAAN

5 Tips Mengatur Keuangan Menjelang Ramadan

24 Maret 2021 20:03 Pembekalan Karir 5544 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Ramadan 2020 sebentar lagi datang, umat Islam seluruh dunia akan bersuka cita menyambut bulan kemenangan. Tahun ini mungkin Ramadan akan terasa berbeda dibanding sebelum-sebelumnya karena kondisi negara kita sedang terkena pandemi corona. Namun, semangat menyambut bulan penuh berkah nggak pernah luntur untuk beribadah puasa selama sebulan penuh. Retail perbelanjaan kini sudah dipenuhi dengan beraneka ragam panganan dan produk-produk khas Ramadan. Kamu juga pastinya sudah berniat mempersiapkan bahan-bahan keperluan selama bulan Ramadan. Namun perlu diingat ya, kita harus bisa mengatur keuangan dengan baik agar keadaan finansial bisa tetap stabil selama puasa dan sesudahnya. Berikut TopKarir rangkum 5 tips mengatur keuangan menjelang Ramadan, yuk disimak!

 

Selalu prioritaskan kebutuhan dibanding keinginan

Selama bulan puasa yang terjadi adalah perubahan pola konsumsi. Kalau di hari biasa kita makan tiga kali sehari, di bulan puasa kamu hanya makan dua kali sekali. Tapi hidangan khas Ramadan yang dianggap sebagai tradisi bisa bikin pengeluaran membengkak lho, misalnya seperti rendang, opor, buah kurma. Pastikan berbuka dan sahur dengan menu yang simple dan menyehatkan, kesalahan kita terkadang membeli banyak makanan saat berbuka karena banyak keinginan saat seharian berpuasa. Padahal makanan yang dibeli belum tentu dihabiskan, yang ada malah mubazir dan nggak kemakan, karena cuma “laper mata”. Ingat ya makanlah ketika lapar, dan berhentilah jika sudah kenyang.

 

Rencanakan pengeluaran selama Ramadan

Membuat rencana makanan ketika berpuasa bisa membantu kamu mengatur keuangan juga. Kamu jadi tahu mana barang dan keperluan yang memang dibutuhkan selama Ramadan, apa yang harus dibeli dan tidak. Kamu juga harus berkomitmen dengan anggaran keuangan yang sudah dibuat. 

 

Belanja secukupnya lebih awal

Sebelum datang bulan Ramadan ada baiknya berbelanja kebutuhan-kebutuhan pokok dan kebutuhan pendukung lainnya. Belanja lebih awal bisa menghindari kamu dari harga kebutuhan yang semakin naik, di masa pandemi seperti sekarang ini juga lebih baik menghindari keramaian saat berbelanja. Catat apa saja yang harus dibeli sebelum berbelanja agar terhindar dari membeli barang-barang yang nggak penting.

 

Kontrol pengeluaran yang konsumtif

Di bulan Ramadan salah satu godaan terbesar adalah pusat perbelanjaan, ecommerce dan banyak toko online mengadakan promo besar-besaran. Kita pasti tergiur untuk membeli barang yang tidak kita butuhkan hanya karena diskon. Lebih baik kamu mengontrol diri untuk membeli barang-barang yang sifatnya konsumtif. Utamakan kebutuhan makanan dan kesehatan terlebih dulu ya!

 

Sisihkan anggaran untuk lebaran

Lebaran setiap tahun akan menjadi puncak konsumsi. Jadi sebaiknya kamu buat anggaran untuk lebaran. Kamu dan keluarga akan membeli baju, makanan, menyambut tamu dan tradisi lain yang memerlukan anggaran khusus. Tentu akan menghabiskan uang yang lebih dibanding hari-hari sebelumnya.

 

Itu tadi 5 tips mengatur keuangan menjelang bulan Ramadan. Yuk temukan tips-tips dan informasi seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang ya.






Komentar