KANDIDAT PERUSAHAAN

5 Tips Persiapan Puasa Hari Pertama di Ramadan 2020

24 Maret 2021 20:03 Pembekalan Karir 6843 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Menyambut bulan puasa Ramadan 1441 H butuh banyak persiapan tentunya, apalagi tahun ini puasa akan terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena kondisi wabah Corona yang masih menghantui warga dunia. Puasa Ramadan merupakan salah satu kewajiban Muslim yang balig dan mampu sebagai bagian dari rukun Islam yang ketiga. Bukan hanya memenuhi kewajiban sebagai Muslim dan mendapatkan pahala, puasa juga punya banyak manfaat kesehatannya lho.

 

Dikutip Aljazeera.com berpuasa di siang hari dapat membantu mencegah masalah kesehatan seperti kolesterol tinggi, penyakit jantung, obesitas dan meningkatkan kesehatan mental. Sebelum datang bulan Ramadan tubuh juga perlu menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru. Biar tubuh terbiasa dan nggak kaget dengan rutinitas baru, ada baiknya kamu mempersiapkan 5 hal ini terlebih dulu agar lancar puasa hari pertama dan seterusnya.

 

Mengatur pola tidur

Kalau di hari biasa kamu bisa tidur saat larut malam, menjelang puasa biasakan diri tidur lebih awal untuk menjaga waktu istirahat yang cukup sampai waktu sahur tiba. Dikutip Halodoc waktu tidur ideal untuk orang dewasa berkisar antara 7-8 jam per hari. Waktu tidur yang cukup berkaitan dengan kadar hormon yang disebut leptin, leptin berfungsi untuk mengurangi nafsu makan. Jadi kalau kamu kurang tidur di malam hari leptin akan menurun sekitar 15,5% yang mengakibatkan nafsu makan bertambah dan memicu obesitas, jadi saat puasa kamu bisa lebih gampang lapar.

 

Bangun dan sarapan lebih pagi

Coba bangun lebih pagi untuk beberapa hari kedepan agar saat harus bagun sahur nggak susah lagi, apalagi buat yang masih sering terlambat solat subuh. Biasakan sarapan lebih pagi untuk menyesuaikan diri dengan jam sahur selama bulan Ramadan.

 

Membatasi porsi makanan

Biasakan juga untuk mengurangi porsi makan di siang hari agar sistem pencernaan bisa dengan mudah menyesuaikan diri saat berpuasa. Kalau nggak dimulai dari sekarang untuk mengurangi porsi makan kamu akan sering merasa lapar sebelum waktu berbuka datang.

 

Mengurangi jajan/ngemil

Karena social distancing, kamu jadi lebih sering masak untuk mengurangi rasa bosan apalagi sekarang sudah banyak tutorial membuat berbagai cemilan di media sosial untuk mengisi gabut sekaligus mengisi perut. Nah, untuk saat ini coba jangan terlalu banyak ngemil ya, agar ketika puasa kamu sudah bisa melepas kebiasaannya.

 

Mempersiapkan bahan makanan

Penting untuk mempersiapkan bahan makanan untuk sahur hari pertama. Karena kalau belum disiapkan kamu akan kesulitan mencari santapan di jam sahur. Rencanakan makanan apa yang akan dimasak untuk sahur di rumah bareng keluarga.

 

Itu tadi 5 tips persiapan puasa hari pertama di Ramadan 2020 ini. Yuk temukan tips-tips dan informasi seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang ya.

Komentar