6 Hal yang Harus Kamu Pelajari di Umur 20-an | TopKarir.com

6 Hal yang Harus Kamu Pelajari di Umur 20-an

20-01-2020 04:38:10

Ketika seseorang sudah memasuki usia kepala 2, mereka biasanya akan mengalami perubahan dalam hidupnya, bukan hanya perubahan fisik tapi juga pola pikir. Menjadi dewasa muda di umur 20-an artinya kamu sudah harus meninggalkan sifat kekanak-kanakan, menjadi mandiri dan memiliki tanggung jawab yang lebih berat. Pada usia transisi ini pasti akan banyak tantangan yang akan kamu temui, untuk bisa menghadapinya kamu perlu mempelajari 6 hal di bawah ini.

 

 

  • Menghadapi kegagalan

 

Usia 20-an adalah waktu yang tepat untuk bereksperimen mencari pengalaman dan pembelajaran. Kalau gagal itu sudah jadi hal yang wajar. Yang terpenting adalah bagaimana kamu bangkit dari kegagalan dan belajar dari kesalahan. 

 

 

  • Mengelola emosi

 

Saat banyak hal yang harus kamu urus baik itu pekerjaan sampai kehidupan sosial, nggak dipungkiri masalah pasti akan datang. Buat melewatinya, kamu harus bisa mengendalikan emosi untuk menentukan cara yang tepat dalam menyelesaikan masalah.

 

 

  • Menyusun target masa depan

 

Percayalah saat usia 20-an kamu akan semakin dekat dengan mimpi. Nah, untuk membuatnya jadi pasti kamu harus mempunyai target besar dan strategi. Susun rencana kehidupanmu 5 tahun kedepan, berusaha mencapainya dengan kemampuan yang kamu punya. Jangan ragu belajar hal baru demi mewujudkan mimpi kamu.

 

 

  • Menanggapi kritik secara positif

 

Kayaknya semua juga setuju kalau menyampaikan kritik jauh lebih mudah dibanding menerima kritik. Menghadapi kritik dari orang lain memang sulit, karena setiap orang cenderung defensif. Tapi untuk menjalin hubungan baik dan menjadi pribadi yang positif diperlukan sikap menerima kritik secara apresiatif.

 

 

  • Menyeleksi pertemanan

 

Punya banyak teman memang menyenangkan. Tapi saat sudah usia 20-an, kamu harus lebih pemilih soal pertemanan. Pilihlah teman yang mempunyai pengaruh positif untuk diri kamu. Carilah lingkungan yang membuat kamu berkembang dan kamu bisa belajar banyak hal-hal positif yang belum kamu tahu.

 

 

  • Mencari passion

 

Setiap orang yang sukses menekuni satu bidang pasti berawal dari pemula yang belum mengerti apa-apa. Untuk itu jangan berhenti belajar dan mencari tau apa yang menjadi minat kamu. Kalau kamu sudah menemukan passion, kamu akan semakin menikmati proses karir yang kamu jalani. Pekerjaan yang kamu lakukan tidak terasa seperti beban, justru jadi hal yang menyenangkan.

 

 

Dengan mempelajari 6 hal diatas, kamu yang sekarang lagi ada di umur 20-an, bisa mempersiapkan diri untuk kehidupan di masa depan nanti. Informasi dan tips-tips karir lainnya yang berguna untuk kesuksesan karir kamu ada di aplikasi TopKarir. Yuk download aplikasinya di App Store dan Play Store kamu sekarang.


peluang karir yang sesuai

Beragam kesempatan kerja, pelatihan dan tips berkarir yang sesuai untuk kamu

perusahaan berkualitas

Perusahaan yang membuka lowongan telah terseleksi oleh Jejakmu untuk kenyamanan dan keamanan kamu

info status aplikasi

Jejakmu menyediakan informasi berkala tentang status lamaran / aplikasimu dan dapat diakses melalui akun profilmu

Belum menjadi Member?


tutup
Registrasi berhasil

tutup