KANDIDAT PERUSAHAAN

8 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

25 Oktober 2022 14:10 4733 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 4 KALI DIBAGIKAN

 

Belajar Bahasa Inggris tentunya akan bermanfaat bagi kita karena saat ini kebanyakan dari pekerjaan memerlukan bahasa Inggris untuk komunikasi, karena bahasa Inggris ini merupakan bahasa internasional dan penggunanya tersebar luas di berbagai bidang mulai dari bisnis, akademis, dan bidang lainnya.

 

Bagi kamu yang mungkin belum bisa berbahasa Inggris dengan lancar meskipun sudah belajar di bangku sekolah atau kuliah Kamu bisa menerapkan beberapa tips belajar bahasa inggris untuk pemula yang akan kami berikan pada postingan kali ini.

 

Ada beberapa tips yang akan kamu pelajari pada postingan kali ini, mulai dari kamu bisa menggunakan alat bantu untuk belajar bahasa Inggris hingga menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris yang saat ini sudah bisa diakses dengan mudah di handphone kamu.

 

Jadi bagi kamu yang ingin belajar bahasa Inggris kamu bisa menyimak postingan ini hingga akhir.

 

8 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula 

Untuk bisa Mahir dalam berbahasa Inggris tentunya kita harus belajar tentang bahasa Inggris tersebut, namun supaya belajar bahasa Inggris kamu lebih optimal kamu bisa menerapkan beberapa tips belajar bahasa Inggris berikut ini.

 

Gunakan Alat Bantu

Tips cara belajar bahasa inggris yang pertama adalah dengan cara menggunakan alat bantu untuk belajar, di sini kamu bisa memanfaatkan media gambar atau visual lainnya mulai dari video hingga diagram.

 

Kamu bisa belajar mengenai kosakata baru dan menyebutkan bagian-bagian yang ada pada alat bantu visual yang sudah kamu pilih, misalnya kamu menggunakan alat bantu seperti gambar orang maka untuk belajarnya kamu bisa menyebutkan bagian-bagian dari alat visual kamu tersebut dalam bahasa Inggris.

 

Sering Mendengarkan Musik 

Tips berikutnya adalah dengan sering mendengarkan musik berlirik bahasa Inggris, musik menjadi salah satu media belajar bahasa Inggris yang bisa kamu coba.

 

Dengan belajar bahasa Inggris melalui musik tentunya hasilnya akan Lebih memuaskan karena secara tidak langsung musik akan mengaktifkan otak kiri dan kanan secara bersamaan, sehingga dapat memaksimalkan pembelajaran dan daya ingat kamu.

 

Belajar bahasa Inggris melalui musik juga adalah salah satu tips belajar yang bagus, karena dengan mendengarkan lagu-lagu populer dengan lirik bahasa Inggris tentunya kamu akan lebih terbiasa baik itu dalam mendengarkan berbagai kosakata Inggris hingga mengucapkan liriknya.

 

Membaca Buku atau Artikel 

Berikutnya adalah kamu bisa kamu bisa dengan rutin membaca buku atau artikel yang berbahasa Inggris, dengan sering membaca buku atau artikel tentunya kamu akan bisa memiliki kemampuan bahasa Inggris terutama dalam reading yang baik.

 

Selain itu teks bahasa Inggris pada artikel atau buku bisa kita jumpai di mana saja baik itu dalam surat kabar ataupun dalam situs website. Kamu bisa mencari buku atau artikel yang bertemakan cerita ataupun percakapan yang bisa membantu kamu dalam memahami arti-arti bahasa Inggris.

 

Menonton Film 

Tips selanjutnya belajar bahasa Inggris untuk pemula adalah dengan cara menonton film yang subtitle atau pemeran dalam film tersebut menggunakan bahasa Inggris untuk berbicara.

 

Dengan menonton film yang berbahasa Inggris tentunya hal ini bisa meningkatkan kemampuan kamu dalam mendengar serta keterampilan berbicara karena sering mengucapkan kosakata yang ada pada cuplikan film yang kamu tonton.

 

Catat Setiap Kosakata Baru

Tips berikutnya adalah dengan cara mencatat setiap kosakata baru yang kamu temukan, Jika kamu ingin Mahir dalam berbahasa Inggris usahakan selalu membawa buku catatan atau alat pencatat di handphone kamu.

 

Jadi setiap kali kamu mendengar ataupun membaca ada kosakata yang baru dan belum kamu ketahui kamu bisa menuliskan kosakata tersebut, untuk kemudian nantinya dicari arti dari kosakata baru yang kamu temui.

 

Setelah mencatat dan mempelajarinya, kamu juga bisa untuk mencoba menggunakan kosakata baru tersebut ke dalam kalimat maka dengan begitu kamu bisa memperluas kosakata bahasa Inggris dan cepat Mahir dalam berbahasa Inggris.

 

Mendaftar Kursus Bahasa Inggris

Jika kamu salah satu orang yang memang baru ataupun pemula dalam berbahasa Inggris maka tips berikutnya kamu bisa belajar bahasa inggris dasar dengan cara mendaftar pada kursus bahasa Inggris.

 

Jika kamu orang yang sulit belajar jika tidak ada materi yang terarah ataupun bimbingan dari mentor maka dengan mendaftar kursus bahasa Inggris adalah salah satu solusi yang bisa kamu coba.

 

Dengan mendaftar kursus bahasa Inggris kamu bisa memilih berdasarkan tingkat keahlian kamu, jadi materi yang kamu pelajari akan disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki.

 

Cari Teman Ngobrol

Tips belajar bahasa Inggris untuk pemula berikutnya adalah dengan mencari teman ngobrol bahasa Inggris, setelah kamu menerapkan beberapa cara di atas mungkin kamu sudah mengetahui beberapa kosakata, akan tetapi untuk bisa melatih kosakata yang sudah kamu pelajari ada baiknya kamu bisa mempraktekkan langsung dengan teman ngobrol.

 

Untuk mencari teman ngobrol bahasa Inggris kamu bisa mengajak teman ataupun saudara yang memang sudah bisa berbahasa Inggris, namun jika tidak ada kamu bisa mencari bule atau orang luar yang biasanya ada di sekitar pantai atau tempat liburan.

 

Gunakan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Tips belajar bahasa Inggris untuk pemula berikutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi belajar bahasa inggris, Jika kamu salah satu orang yang memang kurang suka belajar menggunakan media fisik seperti buku. Maka dengan menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris merupakan salah satu solusi yang cocok bagi kamu.

 

Dalam aplikasi belajar bahasa Inggris biasanya akan ada beberapa materi yang bisa kamu pelajari, baik itu materi reading, listening, dan mempelajari beberapa kosakata bahasa Inggris lain.

 

Bagi kamu yang ingin belajar bahasa Inggris menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris kamu bisa mencoba beberapa aplikasi yang kamu rekomendasikan berikut ini.

 

5 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Saat ini kita bisa belajar bahasa Inggris dengan menggunakan beberapa cara mulai dari mempelajarinya langsung pada buku ataupun kamus, atau kita juga bisa mempelajari bahasa Inggris menggunakan aplikasi.

 

Ada beberapa aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa kamu coba pada smartphone kamu, bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja aplikasinya mari simak pembahasannya dibawah sampai akhir.

 

Duolingo

Rekomendasi aplikasi belajar bahasa Inggris yang pertama adalah duolingo, aplikasi duolingo merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris yang cukup populer dan memiliki rating bagus.

 

Pada aplikasi ini kamu bisa belajar bahasa Inggris mulai dari level yang benar-benar dasar atau pemula sampai ke level yang sudah mahir atau profesional.

 

Kelebihan yang ada pada aplikasi ini adalah ketika kamu belajar kamu bisa menentukan target belajar setiap harinya, misalnya jika kamu ingin belajar bahasa Inggris satu jam sehari maka dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa menentukannya dengan mudah.

 

Babbel

Aplikasi belajar bahasa Inggris berikutnya adalah babble, aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi duolingo akan tetapi hal yang membedakannya adalah dalam aplikasi ini akan lebih berfokus pada vocabulary dan conversation.

 

Dalam aplikasi ini juga kamu bisa menemukan pembelajaran yang lebih mudah dan interaktif namun juga tetap informatif.

 

Jadi bagi kamu yang ingin mencoba untuk belajar bahasa Inggris menggunakan aplikasi maka babble bisa menjadi salah satu opsi bagi kamu.

 

Beelinguapp

Rekomendasi aplikasi belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah beelinguapp, aplikasi belajar bahasa Inggris ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan aplikasi lainnya karena dalam aplikasi ini materinya menggunakan konsep story telling.

 

Saat kamu belajar bahasa Inggris kamu bisa membaca sebuah cerita dalam bahasa Inggris kemudian disebelahnya terletak cerita dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa lain yang sudah kamu kuasai.

 

Selain itu dalam aplikasi belajar bahasa Inggris ini juga terdapat fitur karaoke style yang mana memungkinkan kamu untuk membaca materi sambil mendengarkan pronunciation yang sedang dibaca.

 

Busuu

Selanjutnya adalah aplikasi belajar bahasa Inggris busuu, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa membantu kamu dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dari berbagai aspek.

 

Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah bisa mendapatkan feedback dari pembicara native bahasa Inggris, jadi ketika kamu belajar maka kamu akan dapat lebih mudah dalam mengevaluasi Apa saja hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan.

 

Grammarly

Aplikasi belajar bahasa Inggris yang terakhir adalah grammarly, mungkin aplikasi ini sudah tidak asing lagi untuk kamu karena aplikasi yang satu ini merupakan salah satu aplikasi yang berguna untuk belajar bahasa Inggris secara tertulis.

 

Keunggulan dari aplikasi grammarly adalah bisa menginstal keyboard grammarly di gadget apapun sehingga jika ada kesalahan dalam penulisan akan diberitahu.

 

Bagi kamu yang memiliki rekomendasi aplikasi belajar bahasa Inggris yang lain, Yuk komen dibawah!

 

Tertarik Mulai Belajar Bahasa Inggris?

Itu tadi pembahasan mengenai tips belajar bahasa Inggris untuk pemula dan rekomendasi aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa kamu coba untuk meningkatkan skill berbahasa Inggris. 

 

Dalam belajar bahasa Inggris tentunya kita harus memiliki komitmen dan konsisten agar segala kosakata yang sudah kita pelajari bisa kita implementasikan dan tidak mudah lupa dalam penerapannya.

 

Untuk bisa mengasah bahasa Inggris kamu tentunya selain mempelajari berbagai kosakata tentunya kamu juga harus mempraktekkannya langsung Baik itu dengan teman yang sudah Mahir bahasa Inggris ataupun dengan orang luar yang kamu kenal.

 

Saat kamu sudah Mahir bahasa Inggris tentunya hal ini akan sangat membantu kamu baik itu dalam mencari pekerjaan ataupun hal lain karena bahasa Inggris ini merupakan bahasa internasional dan bisa digunakan di manapun.

 

Ada berbagai prospek pekerjaan ketika kamu sudah Mahir bahasa Inggris mulai dari menjadi seorang translator, customer service, telemarketing, hingga mengikuti manajemen training. Untuk bisa mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan tersebut kamu bisa mencari informasinya melalui TopKarir.

 

Jika kamu ingin mendapat informasi mengenai tips seputar karir dan pekerjaan kamu bisa mengunjungi TipsKarir.

Komentar