KANDIDAT PERUSAHAAN

Apa Itu Customer Service? Berikut Pengertian, Tugas, Skill, dan Gajinya

16 September 2022 14:09 4630 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Banyak dari kamu yang mungkin secara tidak langsung sudah pernah berhubungan dengan Customer service , baik itu untuk menanyakan mengenai produk ataupun juga melakukan komplain karena ketidakpuasan terhadap produk yang sudah kamu beli dari perusahaan mereka, customer service bisa dibilang menjadi salah satu pasukan paling depan yang akan menghadapi langsung para konsumen atau pelanggan.

 

Untuk bisa menjadi seorang customer service kamu harus memberikan pelayanan yang baik bagi para pelanggan serta harus bisa memenuhi ekspektasi mereka, maka dari itu profesi ini menjadi salah satu profesi yang paling penting di perusahaan karena akan membawa nama baik perusahaan saat mereka bekerja, bagi kamu yang berminat untuk berkarir menjadi seorang customer service kamu bisa menyimak pembahasan kali ini mengenai Apa itu customer service.

 

Pengertian Customer Service

Customer service adalah divisi yang berperan penting dalam proses pertahanan sebuah perusahaan dan juga berhubungan langsung dengan customer, meskipun pekerjaan ini sering dianggap sepele oleh sebagian orang akan tetapi sebenarnya profesi sebagai customer service merupakan salah satu pekerjaan yang memiliki banyak sekali fungsi dan juga peran terutama untuk kemajuan perusahaan.

 

Setidaknya ada dua fungsi utama dari seorang customer service dalam bekerja yaitu yang pertama untuk menjadi seorang humas dan yang kedua adalah harus bisa menciptakan kultur perusahaan yang positif, sebagian besar peran dari customer service Ini adalah mendengarkan keluhan dan juga menjawab pertanyaan dari pelanggan, tidak hanya itu para customer service juga kerap dituntut untuk menjadi salah satu pemecah masalah yang dihadapi oleh customer.

 

Customer service biasanya akan langsung mendapat telepon ataupun panggilan dari customer baik itu melalui layanan telepon ataupun media sosial perusahaan, maka tidak heran pekerjaan ini menjadi salah satu pekerjaan yang bisa dibilang cukup sibuk karena mereka harus memiliki peranan yang penting bagi tingkat kepuasan konsumen dalam menggunakan produk ataupun jasa yang sudah ditawarkan perusahaan.

 

Tugas Seorang Customer Service Dalam Pekerjaan

Saat menjadi seorang customer service kamu akan memiliki berbagai Tugas customer service yang harus dilakukan, Adapun untuk beberapa tugas seorang customer service dalam pekerjaan yaitu sebagai berikut.

 

Bertugas Sebagai Public Relation

Tugas pertama seorang customer service dalam pekerjaan adalah bertugas juga sebagai publik relation, divisi customer service harus memiliki peran besar sebagai media untuk membangun dan juga memperkuat hubungan perusahaan dan pihak eksternal, bisa dibilang seorang customer service ini mewakilkan perusahaan dalam jalur kontak utama dari pihak eksternal. 

 

Ketika perusahaan memiliki pelayanan customer service yang baik tentunya perusahaan akan memiliki citra yang baik pula di mata eksternal maupun perusahaan lain dan jika pelayanannya sangat bagus customer service juga bisa membantu kelanggengan hubungan baik antara perusahaan dengan para pelanggan atau klien.

 

Sebagai Media Penjualan 

Pada beberapa perusahaan tugas lain dari customer service biasanya akan bertugas untuk melakukan penjualan kepada pelanggan, contohnya ketika seorang pelanggan menelepon untuk bertanya ataupun mengeluhkan sesuatu maka seorang customer service harus memanfaatkan momen tersebut untuk bisa mempromosikan produk ataupun jasa dari perusahaan.

 

Penjaga Kepercayaan Pelanggan

Tugas berikutnya dari seorang customer service adalah menjaga kepercayaan pelanggan, nantinya seorang customer service akan terikat langsung dengan peran penjaga kepercayaan pelanggan maupun klien karena divisi customer service biasanya sering melalui interaksi dengan para pelanggan, oleh karena itu customer service harus bisa meninggalkan kesan yang mendalam dan juga baik bagi para konsumen.

 

Sebagai Data Entry

Tugas berikutnya dari seorang customer service adalah sebagai data entry, pada dasarnya tugas dari seorang customer service adalah bertugas juga untuk memasukkan data ke dalam komputer saat pelanggan membuat pesanan maka customer service akan memasukkan informasi pesanan tersebut ke dalam sistem komputer atau software kemudian mengirimkan email konfirmasi kepada pelanggan.

 

Saat pelanggan menelpon karena sebuah masalah maka customer service juga harus memasukkan informasi mengenai masalah yang diterima oleh para pelanggan tersebut kemudian mencatatnya agar bisa diperbaiki oleh pihak produk atau development.

 

Berkomunikasi Dengan Klien dan Pelanggan

Tugas selanjutnya dari seorang customer service adalah bertugas berkomunikasi dengan klien dan juga pelanggan, customer service biasanya akan sering melakukan komunikasi dengan pelanggan baik itu mengenai pengalaman mereka menggunakan produk ataupun juga jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

 

Memberikan Saran

Selanjutnya adalah bertugas untuk memberikan saran, biasanya seorang customer service selain melakukan beberapa tugas di atas mereka juga sering bertugas dalam memberikan saran untuk kemajuan produk dan juga jasa yang ditawarkan.

 

Menjawab Pertanyaan 

Selanjutnya adalah bertugas menjawab pertanyaan, kebanyakan orang mengetahui bahwa tugas dari seorang customer service hanya menjawab pertanyaan dari mereka saja akan tetapi seorang customer service juga biasanya akan menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan baik itu mengenai jasa dan juga produk.

 

Melakukan Pemesanan Produk atau Jasa

Tugas berikutnya adalah melakukan pemesanan produk atau jasa, tugas ini biasanya berhubungan langsung dengan pembelian yang dilakukan oleh pelanggan kemudian peran customer service di sini adalah meneruskan pesanan tersebut agar bisa dilanjutkan oleh divisi lain.

 

Mendengarkan Keluhan

Tugas yang terakhir dari seorang customer service dalam pekerjaan adalah mendengarkan keluhan dari para pelanggan atau klien, selain menjawab pertanyaan dan juga memberi masukan biasanya tugas dari seorang customer service juga sering kali bertugas untuk mendengarkan keluhan dari pelanggan atau klien kemudian mencatat keluhan mereka untuk menjadi masukan dari produk dan juga jasa yang dijual oleh perusahaan agar menjadi lebih baik.

 

Skills Yang Harus Dikuasai Customer Service

Untuk menjadi seorang customer service yang baik tentunya kamu harus menguasai beberapa Skills customer service terlebih dahulu, bagi kamu yang ingin berkarir dalam dunia customer service kamu bisa menguasai beberapa skill berikut ini terlebih dahulu.

 

1. Komunikasi

Skill yang pertama yang harus kamu kuasai saat ingin berkarir menjadi seorang customer service adalah skill komunikasi, skill untuk berkomunikasi dengan baik tentu saja menjadi salah satu syarat agar kamu bisa menjadi seorang customer service karena kebanyakan dari tugas seorang customer service adalah melakukan panggilan dengan pelanggan atau customer.

 

Skill ini menjadi salah satu skill utama yang harus dimiliki oleh seorang customer service karena kamu akan sering mengkomunikasikan segala sesuatu mengenai produk dan juga jasa yang ditawarkan perusahaan dengan pelanggan, serta kamu juga harus bisa membuat komunikasi baik agar para pelanggan tidak kecewa terhadap pelayanan dari perusahaan.

 

2. Pengetahuan Tentang Produk 

Berikutnya adalah skill mengenai pengetahuan tentang produk yang ditawarkan, sebagai seorang service kamu harus memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai bagaimana detail dari produk dan juga layanan yang ditawarkan kepada para pelanggan karena jika kamu tidak mengetahui produk tersebut maka bisa saja pelanggan akan kesulitan saat mereka butuh bantuan.

 

3. Time Management 

Skill berikutnya yang harus dikuasai oleh seorang customer service adalah manajemen waktu atau time management, saat kamu sudah memiliki kemampuan ini kamu bisa menangani beberapa permasalahan dari pelanggan dengan efisien karena kamu sudah bisa membagi waktu antara mendengarkan keluhan dan juga memberi saran bagi mereka.

 

4. Persuasi 

Berikutnya adalah skill persuasi, biasanya seorang customer service juga harus berhadapan pada situasi yang di mana memungkinkan kamu harus menawarkan produk maupun layanan kepada para customer, dan pada situasi tersebut dibutuhkan kemampuan persuasi yang baik agar kamu bisa meyakinkan para pelanggan bahwa produk dari perusahaan kamu layak untuk mereka beli.

 

5. Empati

Skill atau kemampuan yang terakhir yang harus dikuasai oleh seorang customer service adalah empati, seorang customer service juga harus memiliki kemampuan untuk berempati hal ini dibutuhkan supaya kamu bisa memahami perasaan serta kebutuhan dari pelanggan dengan tepat, sehingga kamu nantinya bisa menyusun pesan serta respon apa yang akan kamu berikan kepada permasalahan yang diterima oleh pelanggan.

 

Rata-rata Gaji Customer Service Di Indonesia

Gaji customer service sendiri di Indonesia cukup bervariatif namun untuk rata-ratanya sendiri di kutip dari indeed.com rata-rata gaji customer service di Indonesia yaitu sebesar Rp.3.551.979 juta perbulan, dan untuk kota yang memberikan Gaji tertinggi di Indonesia untuk posisi customer service yaitu kota Surabaya yang memberikan gaji sekitar Rp.4.294.743 juta perbulannya.

 

Nah itu tadi pembahasan mengenai Apa itu customer service mulai dari pengertian, tugas, skill, dan gaji perbulannya, bagi kamu yang ingin berkarir menjadi seorang customer service kamu bisa mencari lowongan pekerjaan customer service pada TopKarir.

 

Selain itu kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya seputar karir dan pekerjaan yang bisa kamu baca hanya di TipsKarir.

Komentar