KANDIDAT PERUSAHAAN

Apa itu Sales? Berikut Pengertian, Istilah, Jenis, Skill, dan Gajinya

15 September 2022 13:09 8870 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Sales merupakan salah satu bagian yang penting dari aktivitas penjualan sebuah produk atau barang, orang yang melakukan aktivitas ini biasanya terdiri dari beberapa orang atau tim bahkan di beberapa perusahaan aktivitas sales ini menjadi salah satu divisi tersendiri yang memiliki berbagai peran penting.

 

Namun ada juga dari beberapa perusahaan lain yang melakukan proses penjualan termasuk ke dalam divisi pemasaran atau divisi komersial, bagi kamu yang ingin berkarir dan belum mengetahui seperti apa itu pekerjaan sales kamu bisa menyimak pembahasan kali ini karena kami akan mengupas tuntas mengenai sales di bawah.

 

Pengertian Sales

Sales adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah aktivitas penjualan barang atau jasa dari setiap perusahaan pastinya memiliki tim tersendiri yang bertanggung jawab atas penjualan dan tim tersebutlah yang disebut sales, ada tiga unsur utama yang melatarbelakangi pekerjaan dari tim ini yang pertama adalah untuk mencakup penjualan di daerah ataupun wilayah penjualan agar lebih luas.

 

Tim penjualan akan bergerak setelah memetakan daerah penjualan sehingga mereka tahu kemana harus menjual jasa dan juga barang yang disediakan oleh perusahaan, tugas lain dari seorang sales adalah harus memahami barang atau jasa yang akan dijual Karena Dengan memahami secara mendalam barang tersebut maka penjualan akan tahu strategi gimana yang paling cocok untuk diterapkan.

 

Setelah mengetahui daerah penjualan dan juga detail dari barang yang akan dijual maka tim sales biasanya akan melanjutkan penjualan pada target pelanggan sesuai dengan apa yang ditargetkan sebelumnya, dalam dunia sales ada beberapa istilah umum yang harus diketahui, Adapun untuk beberapa istilah umum dalam sales kamu bisa menyimaknya berikut ini.

 

Istilah Umum Dalam Sales

Saat menjadi seorang sales tentunya kamu harus mengetahui apa saja istilah yang ada dalam sales agar saat bekerja kamu bisa secara maksimal melakukan pekerjaan dan mendapatkan target penjualan yang banyak.

 

Salesperson

Istilah pertama dalam sales adalah sales person, istilah ini artinya adalah si penjual produk barang maupun layanan kepada pembeli, biasanya seorang sales person akan menggunakan teknik penjualan tertentu untuk mencari tahu apa yang diinginkan oleh pembeli, pada kondisi tertentu juga sales person biasanya bekerja supaya para pembeli tetap menggunakan produk dari perusahaan.

 

Namun tidak menutup kemungkinan dalam kondisi lain seorang sales person juga diharuskan untuk bisa mendatangkan para pembeli baru, Jadi intinya tanggung jawab utama dari seorang sales person adalah mencapai target pembeli tergantung dari situasi dan kebutuhan perusahaan.

 

Prospek

Istilah berikutnya adalah prospek, dalam dunia sales prospek merupakan termasuk mereka yang belum memiliki minat pada produk maupun layanan yang dijual, istilah prospek ini merujuk kepada cara yang digunakan oleh seorang sales person dalam mendekati calon konsumen.

 

Untuk beberapa contohnya adalah melakukan panggilan telepon, mengirimkan email marketing, serta melakukan social selling kepada pelanggan dan jika seorang sales person berhasil melakukan prospek ini kepada para pelanggan maka pelanggan tersebut bisa masuk pada tahap selanjutnya yaitu deal.

 

Deal

Ketiga adalah istilah yang disebut deal, istilah ini berarti persetujuan antara harga beli dengan barang atau jasa yang akan dijual pada proses penjualan yang dilakukan antara sales person dan juga pelanggan, nantinya sales person bisa menyusun rencana deal sesuai dengan kebutuhan dan juga kondisi agar proses penjualan bisa berjalan sesuai dengan periode waktu yang sudah ditentukan dan target yang direncanakan.

 

Sales pipeline

Istilah berikutnya adalah sales pipeline, istilah sales pipeline mengacu pada langkah-langkah dalam melakukan proses penjualan produk maupun layanan dan menjadi gambaran nyata dari proses penjualan produk itu sendiri, salah satu contoh pipeline yang banyak dijadikan acuan adalah sebuah diagram rencana tim penjualan yang pada diagram tersebut biasanya menggambarkan serangkaian tahap yang harus dilalui dalam menilai prospek.

 

Sales plan

Istilah umum dalam sales yang terakhir adalah sales plan, istilah ini menyangkut gambaran jangka panjang dari sebuah tujuan, strategi dan juga objektif dari sebuah tim penjualan pada perusahaan. Di dalamnya akan ada detail-detail mengenai target pelanggan, kondisi pasar, struktur tim dan juga yang lainnya, sales plan ini juga akan menyertakan sebuah strategi dan juga teknik untuk bisa mencapai target penjualan dari waktu yang sudah ditetapkan perusahaan.

 

Jenis-jenis Pekerjaan Dalam Sales

Sales job ternyata memiliki berbagai jenis yang mana tiap jenis pekerjaan dalam sales tersebut tentunya memiliki tanggung jawab dan juga pekerjaannya masing-masing, untuk jenis-jenis pekerjaannya kamu bisa menyimaknya di bawah.

 

Sales Executive

Sales executive adalah orang yang bertanggung jawab atas strategi penjualan perusahaan secara menyeluruh, pekerjaan ini dituntut untuk dapat bisa mengembangkan strategi dan juga melibatkan tim lain di luar tim sales secara umum, peran ini juga akan memungkinkan setiap pelakunya untuk menjaga hubungan baik dengan para pembeli besar.

 

Sales Marketing

Sales marketing adalah pekerjaan untuk menjual sebuah produk ataupun mempromosikan barang dengan menggunakan argumen dan juga deskripsi yang jelas, seorang yang bekerja menjadi sales marketing harus membutuhkan skill public speaking yang baik agar mampu menarik konsumen untuk bisa membeli atau setidaknya tertarik dengan barang yang kita jual.

 

Sales Promotion

Sales promotion adalah salah satu pekerjaan tipe marketing yang digunakan untuk memperkenalkan suatu produk baru dan menghabiskan produk yang lama, tidak hanya itu tugas dari seorang sales promotion juga harus bisa untuk menaikkan angka penjualan dari perusahaan.

 

Sales Advisor 

Sales advisor adalah salah satu pekerjaan dalam sales yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan sebuah analisis serta menawarkan rekomendasi, tidak hanya itu tugas lain dari seorang sales advisor adalah Membuat strategi pemasaran dalam suatu perusahaan serta membuat rencana untuk bisa meningkatkan pelayanan kepada konsumen atau pelanggan.

 

Sales Associate 

Jenis pekerjaan dalam sales yang terakhir adalah sales associate, sales associate adalah salah satu pekerjaan dalam sales yang memiliki tugas untuk memandu pelanggan Dan juga memahami apa saja kebutuhan mereka, posisi ini sangat berperan dalam proses penjualan produk baik itu dalam sebuah toko ataupun di perusahaan besar.

 

Kemampuan yang Harus Dikuasai Sales

Untuk menjadi seorang sales yang handal kamu harus menguasai beberapa kemampuan ini agar saat kamu ditempatkan di berbagai jenis pekerjaan sales kamu tidak perlu khawatir, untuk beberapa kemampuannya kamu harus menguasai berikut.

 

  • Pengetahuan mendalam akan sebuah produk atau layanan
  • Memahami konsumen dan klien dengan baik
  • Aktif listening
  • Skill komunikasi yang baik
  • Manajemen waktu
  • Kemampuan menjaga hubungan baik dengan konsumen
  • Kemampuan negosiasi
  • Kemampuan beradaptasi dan berpikir cepat
  • Kemampuan public speaking.

Rata-rata Gaji Seorang Sales di Indonesia

Menjadi seorang sales tentunya salah satu pekerjaan yang memiliki gaji cukup lumayan besar, dikutip dari indeed.com gaji seorang sales di Indonesia rata-rata memiliki gaji sebesar Rp.3.655.294 juta perbulan, dan untuk kota yang memberikan Gaji tertinggi bagi sales di Indonesia yaitu kota Bogor yang memberikan gaji rata-rata per bulannya sebesar Rp.4.344.589 juta perbulan. 

 

Nah itu tadi pembahasan mengenai Apa itu sales mulai dari pengertian sampai gaji setiap bulannya, perlu diketahui bahwa gaji sales di Indonesia tentu saja tergantung dari posisi dan juga jabatannya, untuk kamu yang ingin berkarir untuk menjadi seorang sales kamu harus memahami terlebih dahulu Apa saja jenis serta skill apa yang harus kamu kuasai.

 

Jika kamu tertarik untuk berkarir dalam dunia sales kamu bisa mencari lowongan pekerjaan sales pada TopKarir, mendapatkan informasi menarik lainnya seputar karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar