Pencari Karir Pencari Kandidat

Apa Itu SEO? Berikut Pengertian, Kelebihan, dan Cara Menjadi SEO Specialist

14 Desember 2022 16:12 1214 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

 

Dijaman yang serba digital seperti sekarang ini pekerjaan SEO banyak dicari karena kebutuhan akan optimasi website di mesin pencari semakin meningkat. Dengan semakin banyaknya perusahaan dan individu yang memiliki website, maka semakin banyak pula yang membutuhkan jasa SEO untuk meningkatkan visibilitas website mereka di mesin pencari.

 

Selain itu, SEO juga menjadi salah satu faktor penting dalam strategi digital marketing, sehingga banyak perusahaan yang mencari profesional SEO untuk mengelola dan mengembangkan website mereka. Dengan demikian, memiliki kemampuan SEO dapat menjadi salah satu kelebihan yang dapat membantu kamu dalam memperoleh pekerjaan atau mengembangkan bisnis di bidang digital marketing.

 

Namun, apakah kamu tahu apa itu SEO? Apa kelebihan jika memakainya dan bagaimana caranya untuk menjadi seorang SEO specialist? Jika penasaran mari pembahasan dibawah hingga akhir.

 

Pengertian SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau Optimisasi Mesin Pencari dalam bahasa Indonesia. Ini adalah suatu teknik yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas sebuah situs web di mesin pencari seperti Google dengan cara membuat situs web tersebut mudah untuk ditemukan oleh mesin pencari. 

 

Hal ini dilakukan dengan mengoptimalkan konten dan struktur situs web serta memperbaiki aspek teknis lainnya agar situs web lebih mudah diakses dan dipahami oleh mesin pencari. Dengan menggunakan SEO, sebuah situs web akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet dan akan lebih cepat muncul di hasil pencarian mesin pencari.

 

SEO (Search Engine Optimization) dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu On-page SEO dan Off-page SEO. On-page SEO merupakan segala upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan relevansi website dari sisi teknis dan konten. 

 

Sementara Off-page SEO merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan popularitas website melalui penempatan backlink dan promosi di media sosial dan situs web lain. Kedua kategori ini saling terkait dan diperlukan untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari.

 

Kelebihan Menggunakan SEO 

Menggunakan SEO (Search Engine Optimization) dapat membantu meningkatkan lalu lintas organik ke situs web kamu. Ini berarti bahwa lebih banyak orang akan menemukan situs kamu melalui pencarian di mesin pencari seperti Google. 

 

Dengan meningkatnya lalu lintas organik, kamu dapat meningkatkan peluang untuk meningkatkan jumlah konversi, yaitu orang-orang yang melakukan tindakan yang kamu inginkan seperti mengklik tautan, mengisi formulir, atau membeli produk dari situs kamu. 

 

Selain itu, SEO juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan dan relevansi situs web kamu di mata mesin pencari, yang dapat meningkatkan posisi situs web kamu dalam hasil pencarian. Ini dapat meningkatkan visibilitas situs web kamu dan membantu meningkatkan jumlah pengunjung yang terkait dengan kata kunci yang relevan.

 

Cara Menjadi SEO Specialist 

Untuk menjadi seorang SEO specialist, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan, di antaranya:

 

Pelajari Tentang SEO

Mulai dari dasar hingga yang lebih advance. kamu dapat mencari berbagai sumber belajar seperti buku, artikel, video tutorial, atau bergabung dengan komunitas SEO.

 

Ada banyak sekali sumber belajar yang dapat kamu temukan secara gratis atau berbayar di internet. kamu juga dapat mengikuti program pelatihan atau kursus SEO yang ditawarkan oleh berbagai lembaga atau perusahaan.

 

Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di mesin pencari seperti Google Search Console atau Bing Webmaster Tools untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana mesin pencari menilai dan menampilkan website di hasil pencarian.

 

Praktikkan Apa yang Sudah Dipelajari 

kamu dapat menerapkan ilmu yang kamu dapatkan di website pribadi atau website milik orang lain. Ini akan membantu kamu memahami konsep teori yang kamu pelajari dan mengembangkan kemampuan kamu dalam mengaplikasikannya.

 

Penting untuk diingat bahwa mempelajari SEO tidak hanya sekadar menghafal konsep teori, tetapi juga memahami bagaimana menerapkannya secara efektif dalam meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. Oleh karena itu, praktikkanlah apa yang kamu pelajari dan terus belajar dari pengalaman dan hasil yang kamu dapatkan.

 

Buat Portofolio 

Buat portfolio yang menunjukkan hasil-hasil yang telah kamu capai dalam meningkatkan visibilitas website di mesin pencari.

 

Contoh portofolio SEO dapat berupa dokumen yang menjelaskan hasil-hasil yang telah dicapai dalam meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. Portofolio ini dapat berisi informasi seperti:

 

  • Deskripsi singkat tentang website yang telah kamu optimalkan
  • Statistik perkembangan traffic website sebelum dan sesudah dilakukan optimasi
  • Daftar keyword yang telah kamu targetkan dan peringkatnya di mesin pencari sebelum dan sesudah optimasi
  • Daftar backlink yang telah kamu dapatkan dan dampaknya terhadap peringkat website di mesin pencari
  • Deskripsi singkat tentang strategi dan tindakan optimasi yang telah kamu lakukan
  • Screenshot hasil pencarian website di mesin pencari sebelum dan sesudah optimasi

Portofolio ini dapat dibuat dalam bentuk dokumen atau slide presentasi yang menarik dan mudah dipahami. kamu juga dapat menambahkan beberapa testimoni dari klien yang telah kamu kerjakan sebagai tambahan nilai tambah bagi portofolio kamu.

 

Cari Pekerjaan SEO Specialist 

Carilah peluang untuk bekerja sebagai seorang SEO specialist, baik secara freelance maupun di perusahaan. kamu dapat mencari lowongan pekerjaan melalui situs-situs pencari kerja atau menawarkan jasa kamu melalui media sosial dan situs web freelance.

 

Untuk mencari peluang bekerja sebagai seorang SEO specialist, kamu dapat mencari lowongan pekerjaan melalui situs-situs pencari kerja seperti TopKarir, JobStreet, atau Karir.com. kamu juga dapat menawarkan jasa kamu secara freelance melalui media sosial seperti LinkedIn, Facebook, atau Instagram, atau melalui situs web freelance seperti Upwork, Fiverr, atau Freelancer.

 

Selain itu, kamu juga dapat mencari tahu tentang perusahaan atau agensi yang bergerak di bidang digital marketing dan menawarkan jasa kamu kepada mereka. kamu dapat menghubungi mereka melalui email, telepon, atau bertemu langsung untuk memperkenalkan diri dan menawarkan jasa SEO yang kamu tawarkan.

 

Jangan lupa untuk mempersiapkan portofolio yang menunjukkan hasil-hasil yang telah kamu capai dalam meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. Ini akan menjadi bukti kompetensi kamu dan dapat membantu kamu dalam memperoleh klien baru atau pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan pengalaman kamu.

 

Terus Belajar dan Meningkatkan Kemampuan

SEO merupakan bidang yang terus berkembang, sehingga kamu perlu terus memperbaharui pengetahuan dan kemampuan kamu untuk dapat bersaing di pasar yang kompetitif.

 

Praktikkanlah apa yang kamu pelajari dan terus belajar dari pengalaman dan hasil yang kamu dapatkan. Ini akan membantu kamu untuk mengembangkan kemampuan dan meningkatkan kepercayaan diri kamu sebagai seorang SEO specialist.

 

Kesimpulan 

SEO (Search Engine Optimization) merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. Ini dilakukan dengan cara mengoptimalkan kualitas dan relevansi website dari sisi teknis dan konten (On-page SEO), serta meningkatkan popularitas website melalui penempatan backlink dan promosi di media sosial dan situs web lain (Off-page SEO).

 

Bagi kamu yang ingin menjadi seorang SEO specialist kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan kerja tersebut melalui TopKarir, disini selain informasi mengenai lowongan kerja kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

 

SEO
Komentar