Hal Ini Menandakan Kamu Sudah Dewasa Secara Emosional | TopKarir.com

Hal Ini Menandakan Kamu Sudah Dewasa Secara Emosional

15-01-2020 11:20:12

Umur tidak selalu menentukan kedewasaan berpikir setiap orang. Kamu pernah kan bertemu dengan orang yang lebih tua tapi sikap dan pemikirannya gak sesuai usia. Atau sebaliknya orang yang usianya masih muda tapi pola pikirnya jauh melebihi orang dewasa. Tingkat kedewasaan diri seseorang dipengaruhi berbagai faktor diantaranya pengalaman, pengetahuan, lingkungan sosial, dan cara berpikir. Seseorang yang sudah dewasa secara emosional memiliki kontrol diri yang baik dan bijak dalam menghadapi segala hal. Kira-kira kamu sudah dewasa secara emosional belum ya? Cari jawabannya di bawah ini yuk.

 

 

  • Mampu mengendalikan emosi dengan baik

 

Kalau kamu nggak mudah terpancing emosi, itu tandanya kamu sudah bisa disebut dewasa. Kamu bakal lebih tenang menghadapi permasalahan hidup yang datang mengganggu. Kemampuan mengendalikan emosi ini berguna untuk keputusan yang kamu ambil dalam hidup. Kamu gak akan terburu-buru menyimpulkan sesuatu, selalu bijak dalam bertindak, dan memikirkan dampak yang terjadi baik untuk diri sendiri dan orang lain.

 

 

  • Bijak menerima kritik dan masukan

 

Kritik terkesan menjadi hal yang menakutkan, padahal dengan kritik kita bisa mengubah diri menjadi lebih baik. Berbeda hal dengan kalimat menjatuhkan, biasanya kritik diikuti dengan masukan yang membangun. Kalau kamu sudah bisa membedakan dan menyikapi keduanya, maka kemungkinan kamu sudah ada di fase kedewasaan.

 

 

  • Bertanggung jawab pada kesalahan

 

Proses hidup nggak selamanya mulus kan, kamu pasti pernah melakukan kesalahan, baik yang berdampak pada dirimu sendiri maupun orang lain. Kalau kamu dewasa, kamu nggak akan berusaha lari dari masalah. Justru kamu akan berusaha bertanggung jawab pada masalah hingga selesai.

 

 

  • Berhenti minta pengakuan dan perhatian orang lain

 

Milenial yang kesehariannya banyak ditemani gadget, selalu berusaha memperlihatkan eksistensi dirinya di media sosial. Penilaian yang dibuat oleh teman-temannya dianggap hal yang membanggakan. Jumlah likes sebuah unduhan foto selalu dipantau tiap jam. Buat orang yang sudah dewasa kebiasaan itu pasti sudah dibuang. Mereka nggak peduli omongan orang di media sosial. 

 

 

  • Memikirkan masa depan dibanding bersenang-senang

 

Mumpung masih muda, lakukan apa yang kamu suka. Kalimat itu memang gak ada salahnya. Tapi buat orang yang sudah dewasa secara emosional, dia juga akan memikirkan kehidupannya di masa depan dengan membuat perencanaan yang matang. Mereka gak mau buang-buang waktu untuk hal yang nggak perlu.

 

 

Itu tadi 5 tanda kalau kamu sudah dewasa secara emosional. Informasi dan tips-tips karir lainnya yang berguna untuk kesuksesan karir kamu ada di aplikasi TopKarir. Yuk download aplikasinya di App Store dan Play Store kamu sekarang.


peluang karir yang sesuai

Beragam kesempatan kerja, pelatihan dan tips berkarir yang sesuai untuk kamu

perusahaan berkualitas

Perusahaan yang membuka lowongan telah terseleksi oleh Jejakmu untuk kenyamanan dan keamanan kamu

info status aplikasi

Jejakmu menyediakan informasi berkala tentang status lamaran / aplikasimu dan dapat diakses melalui akun profilmu

Belum menjadi Member?


tutup
Registrasi berhasil

tutup