KANDIDAT PERUSAHAAN

Jadi Karyawan yang Berkualitas dengan Prinsip F.A.S.T

24 Maret 2021 20:03 13501 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Persaingan dunia kerja semakin hari semakin ketat, setiap karyawan harus bisa menunjukkan performa terbaiknya di perusahaan. Pernah nggak sih ngeliat karyawan yang menurutmu kinerjanya baik tapi justru diberhentikan karena alasan attitude yang tidak baik? Ya ini karena perusahaan nggak cuma ngeliat skill dan kemampuan menyelesaikan pekerjaan aja, tapi juga dari segi sikap dan perilaku. Supaya jadi karyawan yang punya paket komplit dan berkualitas, kamu harus punya empat prinsip berikut ini nih.

 

Focus

Penelitian menunjukkan jika seseorang melakukan tugas berbeda lebih dari 10 jenis dalam sehari akan berpotensi membuat kinerja otak menurun. Kelelahan otak bisa membuat tubuh cepat lelah dan mudah mengalami stres. Menjadi seorang multitasking kelihatannya sih hebat. Padahal melakukan banyak hal dalam waktu yang bersamaan hanya akan membuatmu tidak fokus pada pekerjaan utama. Walaupun pekerjaan bisa selesai pada waktunya, hasilnya pasti tidak akan optimal.

 

Attitude

Percaya nggak kalau attitude mempengaruhi kesuksesan seseorang? Attitude mencerminkan apa yang kamu pikirkan dan terlihat dari cara berbicara, bertindak, memperlakukan orang lain. Karyawan nggak cuma dituntut memiliki keterampilan kerja, kecerdasan dan pengetahuan yang luas aja lho, melainkan juga attitude yang baik. Sebuah penelitian di Amerika, mendapatkan 90% kasus pemutusan hubungan kerja (PHK) cenderung disebabkan oleh perilaku buruk karyawan, seperti tidak bertanggung jawab, tidak jujur, dan hubungan interpersonal yang buruk. Sebab attitude seorang karyawan akan menjadi gambaran sebuah perusahaan, jika attitude yang ia miliki buruk makan akan berdampak pada penilaian masyarakat terhadap perusahaan.

 

Attitude itu bisa diperbaiki kok, caranya kamu cuma perlu menerapkan prinsip 3 magic words dalam kehidupan sehari-hari, yakni meminta tolong, maaf dan terima kasih. Dalam dunia kerja, jika ingin meminta bantuan pada rekan kerja lain mintalah dengan sopan dan gunakan kata tolong. Ucapkan kata maaf untuk kesalahan yang kamu lakukan, jangan terlalu keras dengan egomu sendiri, bagaimanapun juga kamu nggak kerja sendirian, kamu kerja bersama karyawan lain. Terakhir ucapkan terima kasih untuk setiap pertolongan yang kamu terima dari orang lain.

 

Stamina

Yang nggak kalah penting supaya kamu bisa jadi karyawan yang berkualitas, kamu harus punya stamina atau kesehatan yang baik. Gimana mau bekerja kalau kondisi kesehatanmu saja nggak baik? Oleh karena itu, menjaga kesehatan penting untuk mendukung kelancaran kerja. Biasakan makan makanan yang bergizi, tidur yang cukup dan berolahraga.

 

Menjaga kesehatan secara nggak langsung juga merupakan bentuk tanggung jawab kamu pada pekerjaan. Kalau sehat, kerjaan juga nggak akan terhambat.

 

Time

Atur waktu kerjamu sebaik mungkin, kalau perlu kamu bisa membuat skala prioritas untuk menyusun pekerjaan mana yang lebih dulu diselesaikan. Kamu harus bisa menjadi manager untuk dirimu sendiri. Nggak cuma saat bekerja, manajemen waktu yang baik juga wajib kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu pekerjaanmu jadi lebih efektif dan bisa menyisihkan waktu untuk kehidupan pribadimu. Pasti nggak mau kan waktu istirahat harus diisi dengan pekerjaan yang belum selesai?

 

Itu tadi prinsip F.A.S.T dalam bekerja supaya kamu bisa jadi karyawan yang berkualitas.  Temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store!

Komentar