Kerja Modal Passion Aja? Nggak Cukup! | TopKarir.com

Kerja Modal Passion Aja? Nggak Cukup!

18-03-2020 10:29:12

Mending Steve Job pernah berkata “the only way to do great work is to love what you do” mencintai apa yang kita kerjakan akan membuahkan hasil yang maksimal. Cara terbaik untuk bisa mencintai pekerjaan yang kita jalani adalah bekerja sesuai minat dan bakat atau disebut juga passion. Dengan passion kita selalu punya semangat dan motivasi untuk terus mengembangkan karir. Namun yang masih menjadi kesalahan orang yang bekerja sesuai passion adalah pemikiran yang cenderung subjektif, dimana seseorang berpikir lebih relatif, sesuai selera dan pandangan pribadi. Padahal saat masuk dunia kerja, kita dituntut untuk bersikap profesional dengan bertanggung jawab terhadap setiap tugas yang diemban dan melakukan sesuatu secara objektif. Karena itu sebenarnya kerja sesuai passion aja nggak cukup, kenapa? Karena dibutuhkan sikap lain agar untuk mendukung kesuksesan karir.

 

Konsisten

Konsistensi jadi salah satu kunci mengubah karir kamu menjadi lebih baik. Dalam perjalanan karir yang kamu tempuh, kamu harus berpegangan teguh pada tujuan. Menjalani sesuatu yang rutin dalam waktu panjang bukan hal yang mudah sekalipun itu merupakan passion kamu. Untuk bisa menjaga konsistensi kamu harus punya visi yang jelas tentang apa yang ingin kamu capai dan kenapa menginginkanya. Selain itu kamu juga harus bekerja secara optimal dan selalu berusaha bangkit meskipun gagal.

 

Kemauan berproses

Banyak generasi muda yang mau sukses tapi nggak mau mengenal proses. Padahal untuk mencapai kesuksesan itu nggak instan lho, seseorang harus melalui perjalanan panjangan yang penuh tantangan. Relation Manager Smoking Barrels, Jessica Bernadetta, dalam siaran TopKarir on Sonora bercerita, ia sering menemukan kandidat yang melamar sebagai barista ketika diberitahu kalau pekerjaan barista nggak cuma membuat kopi aja, tapi juga membersihkan toilet, rutin membersihkan kedai, mengangkat mesin dan galon air, mereka tidak mau menerimanya. Hal ini membuktikan masih banyak orang yang ingin berkarir tapi menolak untuk menjalani proses kerja di dalamnya. Padahal proses akan mengajarkanmu banyak hal, untuk menghadapi segala tantangan karir ke depan dan menjadikanmu sosok yang lebih kuat. Nikmati setiap proses pekerjaanmu ya, buang jauh-jauh sifat manja!

 

Profesional dan responsible

Sikap selanjutnya yang nggak kalah penting adalah profesional dan tanggung jawab. Biasanya nih anak muda punya banyak inovasi dan ide yang keren saat bekerja, hal ini tentu didorong oleh passion mereka. Tapi kalau kita cuma bisa berinovasi tanpa mau merealisasikannya, itu nggak akan bernilai apa-apa. Karenanya passion aja nggak cukup, kamu harus bertanggung jawab atas semua tugas dan ide-idemu. Berani berinovasi berani beraksi!

 

Ramah dan komunikatif

Di dunia kerja kamu nggak akan kerja sendirian, ada atasan, bos dan rekan kerja lain yang harus saling terkoneksi, tujuannya ya biar bisa bersinergi mencapai tujuan perusahaan. Karena itu kamu harus pintar-pintar beradaptasi dan menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan rekan kerja lain. Dengan sikap ramah dan komunikatif kamu jadi punya relasi yang bisa membantu karir kamu di kemudian hari.

 

Itu tadi hal-hal yang harus kamu tanamkan ketika masuk ke di dunia kerja selain passion. Jika kamu sudah menemukan passion kamu, jangan lupakan 4 sikap di atas juga ya, biar karir kamu makin ciamik! #CariTahu tips-tips dan informasi karir lainnya yang bermanfaat buat kamu di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang ya!

 


peluang karir yang sesuai

Beragam kesempatan kerja, pelatihan dan tips berkarir yang sesuai untuk kamu

perusahaan berkualitas

Perusahaan yang membuka lowongan telah terseleksi oleh Jejakmu untuk kenyamanan dan keamanan kamu

info status aplikasi

Jejakmu menyediakan informasi berkala tentang status lamaran / aplikasimu dan dapat diakses melalui akun profilmu

Belum menjadi Member?


tutup
Registrasi berhasil

tutup