Memulai Resolusi Kesehatan di Awal Tahun | TopKarir.com

Memulai Resolusi Kesehatan di Awal Tahun

21-01-2020 09:02:05

Mengawali tahun 2020, kamu harus sudah nyicil resolusi yang sebelumnya dibuat nih. Untuk menjalaninya pasti butuh waktu dan usaha. Supaya kondisi tubuh bisa saling bekerja sama dengan pikiran, kesehatan fisik juga perlu dijaga. Selain resolusi karir dan keuangan, kamu juga harus memulai gaya hidup sehat untuk meningkatkan ekspektasi hidup, dan terhindar dari penyakit yang berbahaya. Kalau tubuh dan pikiran selalu sehat, dijamin deh resolusi gak akan terhambat. Untuk merealisasikan resolusi kesehatan, simak tips-tips di bawah ini yuk.

 

 

  • Mengatur pola makan

 

Mulailah dengan membiasakan diri sarapan berkualitas. Makanlah makanan yang bergizi seperti telur, roti gandum, oatmeal, dan sayuran. Hindari makanan yang tinggi karbohidrat dan minyak yang justru membuat kamu mudah lelah dan mengantuk. Kalau nggak sempat memasak, santap saja roti gandum dan keju, ditambah semangkuk buah, sarapan simple sekaligus sehat sudah kamu dapat.

 

 

  • Perbanyak minum air putih

 

Tren kedai kopi belakangan ini bikin milenial lebih memilih es kopi buat jadi “teman ngantor”. Padahal terlalu banyak kafein menyebabkan dehidrasi dan kehilangan zat besi. Karena itu, tahun ini mulai kurangi konsumsi kopi, dan ganti dengan membiasakan diri minum air putih, setidaknya 8 gelas per hari.

 

 

  • Kurangi konsumsi MSG

 

Banyak yang bilang kalau makanan tanpa MSG terasa kurang nikmat. Padahal terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG bisa menyebabkan mual, nyeri dada, sakit kepala, berkeringat, detak jantung jadi cepat, dan masalah kesehatan kulit  buat kamu yang punya alergi. Kurangi pemakaian MSG pada makanan yang kamu cerna, ganti dengan rempah-rempah alami seperti, bawang merah, bawang putih, lada, dan rempah lainnya.

 

 

  • Hindari asupan gula berlebih

 

Seperti yang kamu tahu, mengkonsumsi makanan dengan kadar gula berlebih bisa mengakibatkan penyakit serius, mulai dari diabetes, jantung, dan obesitas. Tapi seringkali anak muda kurang memperhatikan asupan gula yang mereka dapat dari konsumsi nasi terlalu banyak, minuman bersoda, dan berbagai jajanan yang menggunakan pemanis buatan. Karena itu, mulai batasi diri dengan beralih ke makanan yang tinggi karbohidrat yang jauh lebih sehat.

 

 

  • Biasakan membawa makanan buatan rumah

 

Makanan yang kamu beli di luar terkadang nggak terjamin kebersihan dan kesehatannya, selain itu cukup menguras kantong. Membeli makanan cepat saji juga bukan pilihan yang baik untuk kesehatan. Membawa bekal makanan ke kantor bisa mulai kamu biasakan, jangan lupa lengkapi dengan sayuran dan buah-buahan segar.

 

 

  • Rutin berolahraga

 

Kalau sudah mengatur pola dan asupan makanan dengan baik, jangan lupakan olahraga. Dengan rutin berolahraga kamu bisa meningkatkan level energi untuk bekerja. Lakukan minimal 5 hari dalam seminggu, dan dalam sehari luangkan waktu 30 menit untuk berolahraga.

 

 

Itu tadi 6 resolusi kesehatan yang bisa kamu terapkan di awal tahun 2020. Informasi dan tips-tips karir lainnya yang berguna untuk kesuksesan karir kamu ada di aplikasi TopKarir. Yuk download aplikasinya di App Store dan Play Store kamu sekarang.


peluang karir yang sesuai

Beragam kesempatan kerja, pelatihan dan tips berkarir yang sesuai untuk kamu

perusahaan berkualitas

Perusahaan yang membuka lowongan telah terseleksi oleh Jejakmu untuk kenyamanan dan keamanan kamu

info status aplikasi

Jejakmu menyediakan informasi berkala tentang status lamaran / aplikasimu dan dapat diakses melalui akun profilmu

Belum menjadi Member?


tutup
Registrasi berhasil

tutup