KANDIDAT PERUSAHAAN

Menjaga Kesehatan untuk Cegah Virus Corona di Lingkungan Kerja

24 Maret 2021 20:03 4475 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Akhir-akhir ini dunia sedang gempar karena kemunculan Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) atau yang kita kenal dengan corona. Semua warga berbondong-bondong membeli segala perlengkapan kesehatan untuk mencegah terjangkit virus yang menginfeksi sistem pernafasan ini. Dengan kemunculan virus corona, kita dipaksa untuk lebih awas sama kesehatan kapanpun dan dimanapun kita berada, termasuk di lingkungan kantor tempat kerja kita. Gimanapun juga di lingkungan kerja kita berinteraksi dengan banyak orang. Biar kesehatan dan daya tahan tubuh kita tetap prima dan membentengi diri dari virus corona, berikut 6 tips untuk menjaganya.

 

Cuci tangan dengan sabun

Menggunakan hand sanitizer, desinfektan dan cuci tangan pakai sabun adalah cara untuk melindungi diri dari penularan virus. Tapi jangan terlalu sering mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer ya karena itu akan mengikis kulit sehingga melemahkan kemampuan kulit untuk pelindung dan menjaga kelembapan. Dilansir SUARA.com, juru bicara produsen produk kimia dan konsumen Jepang Kao Corp menganjurkan untuk mencuci tangan selama 30 detik karena lebih efektif ketimbang berkali-kali mencuci tangan.

 

Jika flu dan batuk kenakan masker

Dilansir Tirto.id, WHO menyarankan penggunaan masker untuk mencegah penyebaran virus lebih efektif digunakan oleh mereka yang sedang sakit. Kalau kamu punya gangguan pernafasan segera kenakan masker medis di tempat umum ya. Kalau masker kamu sudah lembab segera ganti dengan yang baru, jangan gunakan lagi setelah satu kali pakai. Saat bersin tutup dengan sapu tangan, tisu atau sisi dalam lengan.

 

Istirahatkan mata setelah lama menghadap komputer

Kamu juga harus memperhatikan kesehatan anggota tubuh lain termasuk mata. Matamu juga bisa lelah dan butuh istirahat, hal ini juga bisa berdampak bagi kesehatan tubuh lainnya. Ketika jam istirahat kantor, beri waktu 10-15 menit untuk memejamkan mata. Pijat ringan kelopak mata kamu selama 1-2 menit, pastikan kamu sudah mencuci tangan ya.

 

Lakukan stretching, jangan terlalu lama duduk

Tubuh kita nggak bisa dipaksa untuk duduk terlalu lama, hal ini bisa mengganggu fungsi organ tubuh termasuk jantung lho. Sempatkan untuk melakukan stretching atau olahraga ringan setiap dua jam sekali karena penting buat tubuh kamu untuk terus aktif bergerak.

 

Perbanyak minum air putih

Saking sibuknya sama kerjaan kadang kita sering lupa kalau tubuh kekurangan cairan, apalagi di dalam ruangan ber-ac. Dikutip dari laman ob-fit.com, kondisi sedentari (tidak banyak bergerak) dan kurang asupan air putih dalam jangka panjang akan menimbulkan gangguan ginjal. Apa aku sudah cukup minum? Cari tau dengan mengecek warna urin kamu, kalau warnanya putih bening sampai kuning muda artinya asupan air putih sudah cukup buat tubuh kamu.

 

Bawa bekal bernutrisi dari rumah

Selain lebih boros, beli makan di luar juga belum terjamin nutrisi dan kehigienisannya. Lebih baik membawa bekal dari rumah dengan mengkombinasi sayuran dan buah.

 

Kementerian Kesehatan RI menghimbau untuk membentengi diri dengan selalu menjaga kesehatan, mencuci tangan dengan sabun, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, serta mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang, untuk menghindari penularan virus corona. Tetap waspada dan perhatikan kesehatan diri dan keluarga ya Sahabat TopKarir. Cari tau informasi dan tips-tips karir lainnya di aplikasi TopKarir. Yuk download aplikasinya di App Store dan Play Store kamu sekarang ya!

Komentar