KANDIDAT PERUSAHAAN

Pelajari 4 Jenis Komunikasi ini Saat Kamu Masuk Dunia Kerja

16 Agustus 2022 16:08 8368 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 5 KALI DIBAGIKAN

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain untuk bisa hidup, dalam menjalin hubungan sesama manusia tentu saja kita akan melakukan interaksi dengan cara komunikasi satu sama lain. Komunikasi ini memiliki peranan yang sangat penting agar kamu bisa menjalin suatu hubungan baik itu dengan dan yang lainnya.

 

Komunikasi telah menjadi salah satu bagian dari kehidupan kita yang tidak bisa dipisahkan dan tanpa disadari setiap manusia tentunya pernah melakukan komunikasi ini, oleh karena itu komunikasi menjadi salah satu cara untuk menyampaikan sebuah pesan ataupun informasi.

 

Namun Apakah kamu mengetahui apa yang dimaksud dengan komunikasi itu sendiri? Bagi kamu yang belum mengetahuinya kamu bisa menyimak pembahasan mengenai pengertian komunikasi di bawah.

 

Pengertian Komunikasi

komunikasi adalah sebuah proses pemindahan pesan dari komunikator pada penerima, namun dalam proses tersebut terdapat beberapa unsur, konsep, proses, dan juga tujuan yang harus saling dipahami satu sama lain.

 

Dalam dunia kerja tentunya untuk bisa memahami komunikasi ini sangatlah penting karena setiap pekerjaan tentunya harus melibatkan banyak orang atau beberapa orang dalam mengerjakan suatu Project, Hal ini tentu saja mengharuskan kita harus bisa mempelajari dan juga memahami komunikasi agar segala sesuatu bisa tersampaikan dengan mudah satu sama lainnya. 

 

Ada beberapa jenis komunikasi yang bisa kalian pelajari ketika akan masuk pada dunia kerja, bagi kamu yang ingin mengetahuinya disini kami akan memberikan 4 jenis komunikasi dalam dunia kerja yang bisa kamu pelajari di bawah.

 

4 Jenis Komunikasi Dalam Dunia Kerja

Komunikasi Interpersonal

Jenis komunikasi yang pertama yang bisa kamu pelajari adalah komunikasi interpersonal, komunikasi ini adalah komunikasi yang bertujuan untuk pertukaran informasi, ide, pendapat dan juga perasaan yang berkaitan dengan peristiwa pribadi, organisasi, sosial, nasional bahkan internasional antara kedua orang yang berada di tempat yang sama. Komunikasi interpersonal ini sangatlah penting dan juga dibutuhkan ketika kamu akan masuk dunia kerja karena nantinya ketika saat melakukan koordinasi dengan anggota tim kamu tentunya akan saling bertukar informasi dan juga ide dengan mereka menggunakan jenis komunikasi interpersonal ini.

 

Komunikasi Terapeutik

Selanjutnya adalah komunikasi terapeutik, bagi kamu yang berprofesi sebagai perawat maka tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya komunikasi terapeutik ini, komunikasi terapeutik adalah suatu sarana bagi para perawat dalam menjalin hubungan saling percaya sehingga dapat meningkatkan Citra yang baik bagi tenaga kesehatan khususnya yang berprofesi sebagai perawat. 

 

Komunikasi ini bertujuan untuk kesembuhan pasien dan termasuk pada komunikasi interpersonal dengan titik tolak saling memberikan pengertian antara si perawat dan juga pasien yang sedang ditangani, komunikasi terapeutik ini bisa kamu pelajari agar nantinya kamu bisa lebih mengerti antara satu sama lain di tempat kerja.

 

Komunikasi Verbal

Jenis komunikasi berikutnya yang bisa kamu pelajari adalah komunikasi verbal, komunikasi verbal adalah komunikasi yang digunakan menggunakan simbol-simbol verbal serta menggunakan kata dari berbagai bahasa. Komunikasi verbal ini tidak hanya berupa lisan saja namun meliputi pula komunikasi tertulis.

 

Untuk contohnya sendiri adalah ketika dua orang lebih melakukan interaksi berupa berbincang-bincang dengan menggunakan sebuah perantara ataupun media komunikasi seperti komunikasi seluler dan yang lainnya. Selain itu juga komunikasi verbal dapat dilakukan tanpa menggunakan perantara yang artinya aktivitas dari komunikasi ini terjadi secara langsung bertatapan antara satu dengan yang lain.

 

Komunikasi Nonverbal

Jenis komunikasi terakhir yang wajib kamu pelajari ketika akan masuk pada dunia kerja adalah komunikasi non verbal, komunikasi nonverbal adalah sebuah komunikasi yang dilakukan dengan cara menggunakan pesan non verbal untuk menyampaikan sebuah informasi. Untuk melakukan komunikasi nonverbal ini adalah tanpa menggunakan kata ataupun mengeluarkan kalimat dari mulut. Akan tetapi kamu bisa melakukan komunikasi non verbal dengan melakukan suatu tindakan untuk menyampaikan informasinya, bagi kamu yang bingung kamu bisa menyimak beberapa contoh komunikasi non verbal di bawah ini :

 

  • Ekspresi wajah, dalam komunikasi non verbal penggunaan ekspresi wajah adalah hal yang penting. Karena seseorang dapat menyampaikan suatu informasi dengan menggunakan ekspresi wajah tanpa harus mengeluarkan satu kata pun. Contohnya adalah ketika seseorang menunjukan ekspresi wajah takut dan lainnya.
  • Bahasa tubuh adalah salah satu cara menggunakan komunikasi non verbal. Dengan melakukan bahasa tubuh, maka seseorang akan mengetahui pesan yang ingin disampaikan. Contohnya ketika seseorang memberikan gestur tubuh tertentu yang dapat menyampaikan pesan bahwa orang tersebut ingin menyampaikan suatu pesan.
  • Sentuhan, melalui sentuhan seseorang dapat melakukan komunikasi non verbal. Contoh yang sering ditemui adalah ketika seseorang tertawa kemudian secara reflek atau spontan orang tersebut menepuk pundah dari lawan bicara yang memiliki makna bahwa orang tersebut menghargai lawan bicaranya atau sebaliknya.
  • Penampilan, melalui penampilan seperti gaya rambut bahkan hingga cara berpakaian maupun makeup, seseorang menyampaikan pesan khusus seperti tertarik dengan lawan bicara dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang ingin memasuki dunia kerja ada baiknya kamu harus mempelajari 4 jenis komunikasi yang sudah disampaikan di atas, karena komunikasi merupakan salah satu faktor yang penting ketika kamu nantinya bekerja dan berkolaborasi bersama tim untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.

 

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lainnya mengenai tips karir dan informasi seputar pekerjaan, kamu bisa mengunjungi TipsKarir. Dapatkan juga informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru dan terlengkap hanya di TopKarir.

 

Komentar