Perhatikan Body Language Ini Saat Melakukan Interview | TopKarir.com

Perhatikan Body Language Ini Saat Melakukan Interview

04-12-2019 10:51:36

Wawancara kerja adalah momen penting untuk menunjukan kompetensi kamu di depan HRD perusahaan. Selain menjelaskan siapa kamu dalam bentuk lisan, ternyata ada hal lain yang gak kalah penting saat proses wawancara, yaitu body language (bahasa tubuh). Body language bisa menggambarkan keadaan diri kamu yang sebenarnya, apakah kamu gugup, ragu, atau percaya diri, hal ini juga menjadi penilaian apa kamu siap dan pantas bekerja di perusahaan yang diinginkan. Nah, kira-kira bagaimana sih body language yang baik saat interview? Yuk simak tips lengkapnya

 

  • Kontak Mata

 

Pernah dengar ungkapan kalau mata juga bisa bicara? Benar banget tuh, tatapan mata seseorang bisa mengartikan perasaan dan keadaannya pada saat itu. Dilansir businessinsider.com, para psikolog mengatakan kalau kontak mata mampu menggambarkan cara seseorang membangun hubungan dengan lingkungannya. Jadi saat kamu interview jangan ragu menatap mata, itu artinya kamu tertarik dengan percakapan lawan bicara.

 

  • Posisi Duduk

 

Saat interview, pastikan kamu duduk dengan tegap dan nyaman. Duduk dengan posisi tegap menandakan kepercayaan diri dan siap menjawab segala pertanyaan, tapi ingat ya tidak perlu tegang dan kaku. Hindari posisi tubuh menyandar pada bagian belakang kursi, karena memberi kesan kalau kamu seseorang yang terlalu santai dan tidak siap dengan pekerjaan.

 

  • Senyum

 

Senyum adalah kunci kebahagiaan, dengan senyum kamu akan dinilai sebagai seorang yang ramah dan menyenangkan. Yang perlu diingat, jangan senyum berlebihan, lakukan dengan natural dan pastikan momennya tepat, misal saat pewawancara melontarkan candaan.

 

  • Berjabat Tangan

 

Berikan kesan pertama yang baik, awali dengan berjabat tangan yang tegas, artinya tidak terlalu kuat dan terlalu lemah juga. Penelitian yang dilakukan Beckman Institute menyimpulkan kalau jabatan tangan yang kuat akan mengurangi prasangka negatif pewawancara pada pelamar.

 

Itu dia body language yang perlu kamu perhatikan saat melakukan interview kerja. Mau tau tips lain yang bisa membantu karir kamu? Yuk download aplikasi TopKarir di Play Store dan App Store sekarang juga


peluang karir yang sesuai

Beragam kesempatan kerja, pelatihan dan tips berkarir yang sesuai untuk kamu

perusahaan berkualitas

Perusahaan yang membuka lowongan telah terseleksi oleh Jejakmu untuk kenyamanan dan keamanan kamu

info status aplikasi

Jejakmu menyediakan informasi berkala tentang status lamaran / aplikasimu dan dapat diakses melalui akun profilmu

Belum menjadi Member?


tutup
Registrasi berhasil

tutup