Pertimbangkan Hal-hal Ini Sebelum Bekerja Freelance | TopKarir.com

Pertimbangkan Hal-hal Ini Sebelum Bekerja Freelance

15-01-2020 11:34:41

Berbeda dengan pekerja full time / part time yang punya jam kerja pasti, bekerja freelance punya jadwal yang tidak tentu. Belum lagi penghasilan yang jumlahnya tidak stabil. Banyak tantangan yang harus dihadapi, bisa-bisa kewalahan kalau gak bisa mengatur pekerjaan. Sebelum kamu memutuskan untuk bekerja freelance sebaiknya cermati hal-hal berikut ini.

 

 

  • Pendapatan yang tidak stabil

 

Karena tidak terikat oleh apapun, penghasilan yang didapatkan sebagai freelancer tidak tetap setiap bulannya. Ada saatnya seorang freelancer sepi klien / project. Untuk kamu yang sudah pernah bekerja tetap, hal ini bisa jadi pertimbangan. Jadi kamu harus punya manajemen keuangan yang baik nih, untuk mengantisipasi saat kerjaan sepi.

 

 

  • Kerja di akhir pekan

 

Seorang freelancer tidak punya waktu kerja tetap. Kamu harus siap mengorbankan weekend-mu demi menyelesaikan project-project dadakan. Perusahaan yang merekrutmu terkadang tidak memikirkan jam kerja normal.

 

 

  • Kurang fokus

 

Untuk mendapatkan penghasilan sesuai harapan, kesalahan yang terkadang dilakukan seorang freelancer adalah mengambil banyak project dalam waktu bersamaan. Kalau kamu punya kesulitan membagi konsentrasi, lebih baik hal ini kamu hindari. Ingat ya berbeda dengan karyawan, freelancer bekerja dan memegang tanggung jawab sendirian.

 

 

  • Tanpa tunjangan dan asuransi

 

Karena bekerja secara otonom, atas kemauan sendiri, pekerja freelance gak akan dapat tunjangan hari raya maupun asuransi. Paling kalau beruntung kamu dapat tambahan bonus dari kesepakatan gaji.

 

 

Itu tadi beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memulai karir sebagai freelancer. Setiap pekerjaan punya plus dan minusnya kok, kalau kamu bisa mengatur segalanya dengan baik, bekerja freelance bisa jadi pilihan yang asyik. Yuk temukan informasi dan tips-tips seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga.


peluang karir yang sesuai

Beragam kesempatan kerja, pelatihan dan tips berkarir yang sesuai untuk kamu

perusahaan berkualitas

Perusahaan yang membuka lowongan telah terseleksi oleh Jejakmu untuk kenyamanan dan keamanan kamu

info status aplikasi

Jejakmu menyediakan informasi berkala tentang status lamaran / aplikasimu dan dapat diakses melalui akun profilmu

Belum menjadi Member?


tutup
Registrasi berhasil

tutup