KANDIDAT PERUSAHAAN

Tips Sukses Menjadi Web Developer

24 Maret 2021 20:03 4074 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Dengan semakin berkembanganya Internet, profesi Web Developer juga telah berkembang menjadi salah satu profesi yang memiliki prospek cerah. Selain membuat aplikasi berbasis web, profesi satu ini juga punya sejumlah tanggung jawab lain yang diemban. Nah jika ingin menjadi seorang Web Developer yang sukses, yuk ikuti tips berikut ini.

 

  • Memahami HTTP

Pahamilah proses apa saja yang terjadi di sisi server maupun client. Salah satunya yaitu Salah satu komponen mendasar dalam dunia web adalah Hyper Text Transfer Protocol (HTTP).

 

  • Memahami HTML & CSS

Hyper Text Markup Language (HTML) merupakan bahasa yang digunakan untuk membentuk tampilan sebuah web. Dan dengan menggunakan Cascading Style Sheet (CSS), kamu dapat memformat tampilan tersebut dengan lebih mudah dan tentu saja menjadi lebih bagus.

 

  • Memahami Javascript

Dengan menggunakan Javascript, web yang kita buat bisa menjadi lebih interaktif. Kita bisa membuat popup window, autocomplete, datepicker, dan banyak hal lainnya dengan menggunakan Javascript.

 

  • Pemrograman server side

Pada bagian ini pilihan bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari, mulai dari bahasa yang sudah lama beredar seperti Perl, Ruby, PHP, JSP, dan Python hingga bahasa seperti NodeJS, Haskell, Scala, dan Go. Saat ini PHP masih merupakan bahasa yang terpopuler karena mudah dipelajari dan diimplementasikan serta banyak referensi dan komunitas seputar PHP yang tersedia di internet.

 

  • Database SQL

Kamu bisa belajar  program database populer yang bisa Anda pelajari diantaranya MySQL, PostgreSQL dan MariaDB yang bersifat Open Source atau Oracle dan Microsoft SQL Server yang merupakan aplikasi berbayar.

 

  • Web server

Web server juga merupakan komponen yang penting. Tanpa web server, aplikasi web yang Anda buat tidak akan bisa berjalan. Web server populer yang banyak digunakan diantaranya Apache dan Nginx. Pelajarilah konfigurasi dasar web server untuk mendukung skill Anda sebagai web developer. Manfaat menguasai konfigurasi dasar tersebut diantaranya Anda bisa membuat link website Anda lebih SEO (Seach Engine Optimization) Friendly.



  • Web Hacking

Pelajarilah trik-trik web hacking seperti SQL Injection dan Cross Site Scripting (XSS). Mengapa perlu? Dengan memahami hal tersebut maka kita bisa mencegah serangan-serangan hacker ke website kita bukan. Menguasai hal-hal diatas dengan baik akan memberikan bekal awal yang berguna bagi Anda untuk bisa membangun sebuah website dengan baik.




itulah tips untuk kamu yang ingin menjadi Web Developer. Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya!

Komentar