KANDIDAT PERUSAHAAN

Tips Work From Home yang Efektif dan Tetap Produktif

24 Maret 2021 20:03 9447 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 7 KALI DIBAGIKAN

Dengan merebaknya wabah Covid-19 di Indonesia, demi mengantisipasi penyebaran virus  pemerintah menghimbau masyarakatnya untuk menjaga jarak dan menghindari keramaian atau dikenal dengan istilah social distancing.

 

Mengingat suasana yang semakin genting Presiden RI Joko Widodo menyuarakan himbauan untuk kerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah di rumah. Situasi berdampak signifikan ke berbagai sektor di Indonesia, baik pendidikan, pariwisata, mobilisasi sampai industri dan ketenagakerjaan.

 

Kini banyak perusahaan yang mengubah skema kerja dengan berbagai cara untuk mendukung upaya pemerintah mencegah penyebaran virus corona.

 

Salah satunya dengan menerapkan skema work from home atau kerja dari rumah. Nah buat kamu yang sekarang sedang work from home, sebenarnya banyak keuntungan yang bisa didapat salah satunya efisiensi waktu, sebab kita nggak perlu pergi ke kantor dan memakan waktu di perjalanan.

 

Tapi karena jauh dari pengawasan kantor dan kamu nggak bisa me-manage diri, work from home bisa jadi boomerang yang bikin kamu kurang prod uktif lho. Biar tetap produktif dan profesional saat harus work from home, berikut TopKarir bagi  ulasan tipsnya.

 

Kamu lulusan SMK/SMEA/MAK? Lagi cari lowongan kerja di wilayah Jakarta Timur? Temukan selengkapnya di sini.

 

 

1. Ikuti aturan jam kerja yang berlaku

Ketika harus work from home, kamu jadi lebih fleksibel mengatur waktu, tapi keuntungan ini jangan disalahgunakan untuk lepas dari peraturan jam kerja yang berlaku.

 

Ikuti aturan waktu kerja kantor seperti biasa, kamu harus mampu mengendalikan dan mengatur waktu seefektif mungkin. Sulit memang bekerja tanpa pengawasan, tapi perlu diingat kalau kamu punya tanggung jawab untuk diri sendiri dan menyelesaikan tugas yang diberikan tepat waktu.

 

2. Responsif dan tetap menjaga koneksi

Biasanya kalau di kantor kita bisa dengan mudah “tek-tokan” sesama rekan kerja, tapi karena jarak memisahkan, alhasil komunikasi nggak bisa lagi dilakukan secara langsung.

 

Karena itu kamu harus bisa memanfaatkan teknologi digital yang ada untuk terkoneksi dengan rekan kerja lain. Jangan terlalu sering meninggalkan tempat kerja, karena siapa tau ada keperluan mendesak dari atasan yang membutuhkanmu.

 

Pastikan juga internet di rumahmu berjalan lancar. Diskusikan pekerjaan dan kendala yang kamu alami ke rekan kerjamu ya!

 

Kamu lulusan SMA/MA? Lagi cari lowongan kerja di wilayah Jakarta Utara? Temukan selengkapnya di sini.

 

3. Buat peraturan dengan orang di rumah

Beri tahu semua anggota rumah kalau kamu sedang work from home. Dengan begitu mereka bisa mengerti dan memahami untuk tidak mengganggu pekerjaanmu.

 

Beri pengertian pada keluarga, orang tua, anak atau ponakan kamu, bahkan jauhkan diri dari hewan peliharaan yang bisa mengganggu. Dengan begitu kamu bisa terhindar dari segala aktivitas diluar tanggung jawab pekerjaan.

 

4. Buat rencana harian / to-do-list

Supaya kerjaan kamu tetap produktif dan efektif kamu harus menyusun rencana kerja setiap hari. Atur dan terapkan jam kerja sama seperti halnya kamu pergi kerja ke kantor.

 

Lakukan pekerjaan yang menjadi prioritas terlebih dulu. Dengan membuat to-do-list kamu bisa terhindar dari keinginan melakukan aktivitas diluar pekerjaan.

 

Lakukan jeda saat bekerja dengan berdiri, peregangan ringan, berjalan dan makan siang. Kasih waktu pikiran dan otakmu untuk beristurahat juga ya!

 

Kamu lulusan SLTP/MTS? Lagi cari lowongan kerja di wilayah Jakarta Timur? Temukan selengkapnya di sini. 

 

5. Lakukan rutinitas pagi yang memompa energi

Karena nggak harus ngantor dan menghabiskan waktu di jalan, kamu jadi punya waktu lebih untuk mempersiapkan diri sebelum memulai pekerjaan.

 

Biar semangat dan segar di pagi hari, jangan lupa mandi, sarapan, menata tempat dan perlengkapan kerja atau bisa juga berolahraga. Dengan begitu tubuh dan pikiran jadi lebih fresh!

 

Kamu lulusan SMK/SMEA/MAK? Lagi cari lowongan kerja di wilayah Yogyakarta? Temukan selengkapnya di sini.

 

6. Buat suasana kerja yang nyaman

Work from home banyak dilakukan perusahaan selama satu sampai dua minggu, selama itu kamu harus mempunyai tempat kerja sendiri. Lingkungan kerja juga berpengaruh pada produktivitas lho, karena itu buat suasana kerja di rumah yang nyaman.

 

Cari tempat dengan pencahayaan yang baik, nyaman duduk lama dan terhindar dari segala macam gangguan yang memecah konsentrasi.

 

Contohnya kalau kamu pilih kerja di ruang keluarga pasti akan banyak distraksi seperti tv atau keberadaan anggota keluarga di rumah, jadi lebih baik di kamar sendiri. Eits ingat tempat yang nyaman buat bekerja, bukan untuk santai-santai ya!

 

7. Sapa rekan kantormu!

Dalam kondisi pembatasan jarak sosial seperti ini, interaksi harus tetap jalan sebagai salah satu kunci tercapainya sebuah tujuan dan juga kebutuhan manusia untuk berkomunikasi dengan orang lain.

 

Sapa rekan kerjamu saat melakukan conference call di pagi hari dan ketika jam kerja selesai. Beritahu mereka jika kamu mau meninggalkan ruang kerja untuk sekedar pergi ke toilet atau mengambil minuman.

 

Kamu lulusan SMA/MA? Lagi cari lowongan kerja di wilayah Tangerang Selatan? Temukan selengkapnya di sini.

 

Melihat kondisi yang tidak mengharuskan kita keluar rumah dan ngantor, ada alternatif seru untuk menambah penghasilan kamu dengan bekerja remote lho, yakni Freelance.

 

Bekerja freelance nggak menuntut kamu untuk bertemu dan mengerjakan tugas di kantor, semua bisa dilakukan di rumah dan dengan jangka waktu project yang lebih pendek.

 

Temukan lowongan magang yang cocok buat kamu di sini. Dapatkan juga informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store.

Komentar