Pencari Karir Pencari Kandidat

Wajib Catat! Berikut Contoh Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya

15 Desember 2022 16:12 1808 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

 

Interview kerja adalah sebuah proses dimana seorang calon pekerja bertemu dengan perusahaan atau instansi yang akan merekrutnya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai latar belakang pribadi, pengalaman kerja, dan kemampuan. 

 

Tujuan dari interview kerja adalah untuk membantu perusahaan atau instansi tersebut untuk menentukan apakah calon pekerja tersebut memiliki kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi tersebut dan sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

 

Rasa Cemas pada saat interview kerja adalah hal yang wajar terjadi. Banyak orang merasa gugup atau cemas saat harus menghadapi interview kerja karena mereka tidak tahu apa yang akan ditanyakan dan bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut. 

 

Cara Mengatasi Rasa Cemas Saat Akan Interview Kerja 

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi rasa cemas ini, di antaranya adalah:

 

  1. Persiapkan diri kamu dengan baik sebelum interview kerja. Baca dan pelajari tentang perusahaan yang akan mewawancarai kamu, pelajari juga pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan dalam interview kerja.
  2. Latih kemampuan menjawab pertanyaan dengan cara berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan dalam interview kerja dengan orang terdekat kamu seperti keluarga atau teman.
  3. Jangan lupa untuk berpakaian rapi dan sopan saat interview kerja. Ini akan memberikan kesan yang baik tentang diri kamu kepada pewawancara.
  4. Saat interview kerja, melakukan deep breathing atau pernafasan dalam-dalam untuk menenangkan diri dan mengurangi rasa gugup kamu.
  5. Jangan terlalu khawatir tentang jawaban yang salah. Ingat bahwa pewawancara tidak ingin kamu salah, mereka hanya ingin mengetahui lebih banyak tentang diri kamu dan kemampuan kamu. Jadi, jawab pertanyaan dengan jujur dan yakin.

Tips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja

Untuk menjawab pertanyaan interview, kamu harus menjadi jujur dan se-maksimal mungkin. Jika kamu tidak yakin tentang jawaban dari pertanyaan tersebut, kamu dapat menjelaskan bahwa kamu tidak yakin tentang jawabannya tetapi kamu akan berusaha mencari tahu dan mengambil langkah untuk memperbaikinya. 

 

Selain itu, kamu juga bisa menjawab pertanyaan dengan menyertakan contoh nyata dari pengalaman kamu yang relevan dengan pertanyaan tersebut. Ini akan membantu kamu untuk memberikan jawaban yang lebih rinci dan membuktikan bahwa kamu memiliki kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi tersebut.

 

Contoh Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya 

Berikut ini adalah beberapa contoh pertanyaan interview kerja dan jawabannya yang bisa kamu hafal agar nantinya pada saat melakukan interview kamu tidak gugup lagi dan mengetahui jawaban mana yang pas dari pertanyaan yang diberikan HRD.

 

"Bisakah kamu menceritakan tentang diri kamu?"

 

Jawaban : "Ya, saya adalah seorang lulusan dari Universitas ABC dengan gelar bidang Ilmu Komputer. Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai programmer selama 2 tahun di perusahaan XYZ. Saya senang belajar hal-hal baru dan terbuka terhadap tantangan. Saya juga memiliki kemampuan beradaptasi dengan baik dan bisa bekerja sama dalam tim."

 

"Apa yang membuat kamu tertarik untuk bekerja di perusahaan ini?"

 

Jawaban : "Saya tertarik untuk bekerja di perusahaan ini karena saya tertarik dengan produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini. Saya juga menyukai budaya kerja yang dianut oleh perusahaan ini, yang menekankan pada kolaborasi dan inovasi. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan ini."

 

"Apa kelebihan dan kekurangan kamu?"

 

Jawaban : "Kelebihan saya adalah saya seorang yang terorganisir, jujur, dan berorientasi pada solusi. Saya juga dapat bekerja dalam tekanan dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Kekurangan saya adalah saya kadang terlalu perfeksionis dan sering kali terlalu memikirkan hal-hal secara detail. Namun, saya terus berusaha untuk memperbaiki kelemahan ini dengan berlatih mengambil keputusan dengan cepat dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan."

 

"Mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan ini?"

 

Jawaban : "Saya tertarik bekerja di perusahaan ini karena saya melihat bahwa perusahaan ini memiliki visi dan misi yang sesuai dengan nilai-nilai dan minat saya. Saya juga menyukai budaya kerja yang diterapkan di sini dan saya yakin bahwa saya dapat belajar dan berkembang bersama perusahaan ini."

 

"Apa yang membuat kamu layak untuk posisi ini?"

 

Jawaban : "Saya memiliki pengalaman yang relevan dengan posisi ini dan saya telah menunjukkan prestasi yang baik dalam pekerjaan sebelumnya. Selain itu, saya juga memiliki kemampuan yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi ini, seperti kemampuan berkomunikasi yang baik dan kemampuan untuk bekerja dalam tim."

 

"Bagaimana kamu mengatasi masalah yang kamu hadapi dalam pekerjaan sebelumnya?"

 

Jawaban : "Pada pekerjaan sebelumnya, saya pernah menghadapi masalah saat bekerja dalam tim. Untuk mengatasinya, saya terlebih dahulu mendengarkan pendapat dan masalah yang dihadapi oleh anggota tim lain. Kemudian, saya bekerja sama dengan mereka untuk mencari solusi terbaik dan mengambil tindakan yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut."

 

"Bagaimana kamu menjaga motivasi kamu saat menghadapi tantangan di tempat kerja?"

 

Jawaban : "Saya selalu berusaha untuk menetapkan tujuan dan target yang realistis dan memotivasi diri sendiri untuk mencapainya. Selain itu, saya juga rutin melakukan evaluasi terhadap pekerjaan saya dan belajar dari kesalahan yang telah saya lakukan untuk menjadi lebih baik. Saya juga selalu berusaha untuk memiliki sikap positif dan berpikiran terbuka untuk menghadapi tantangan di tempat kerja."

 

"Bagaimana kamu mengelola stress dan tekanan dalam pekerjaan?"

 

Jawaban : "Saya mengelola stress dan tekanan dalam pekerjaan dengan mengatur waktu saya dengan baik, mengambil istirahat yang cukup, dan melakukan olahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan fisik dan mental saya. Selain itu, saya juga sering berbicara dengan rekan kerja atau atasan saya tentang masalah yang saya hadapi untuk mendapatkan solusi yang tepat."

 

Penutup

Mungkin hanya itu saja pembahasan kali ini mengenai contoh pertanyaan interview kerja dan jawabannya, semoga bisa membantu kamu dalam menjawab pertanyaan interview dari HRD.

 

Bagi kamu yang belum memiliki pekerjaan kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan kerja terbaru melalui TopKarir, disini selain informasi mengenai lowongan pekerjaan kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar